Stephen Hawking: Ada jalan keluar dari sebuah lubang hitam

Sebuah perjalanan ke lubang hitam mungkin tidak satu arah setelah semua perjalanan itu. Gambar: NASA / Alain Riazuelo
Halo emosi muda,. Assalamualaikum. Anda tentu mengenal sosok ilmuwan fisika yang satu ini, seorang penemu teori kosmologi, gravitasi quantum dan balck hole, ya siapa lagi jika bukan Profesor Stephen Hawking. Baru-baru ini beliau telah mengusulkan bahwa sebenarnya ada cara untuk sesuatu materi untuk meloloskan diri dari lubang hitam.

Informasi yang telah lama diterima bahwa materi apa pun yang jatuh ke lubang hitam tidak akan pernah kembali lagi, terlebih lagi mengingat bahwa gaya gravitasi yang begitu besar yang bahkan cahaya sekalipun tidak dapat melarikan diri dari kuatnya hisapan gravitasi black hole.

Nah sekarang fisikawan terkenal di dunia ini, Prof. Stephen Hawking telah mengajukan gagasan baru, bahwa ketika sesuatu materi jatuh ke lubang hitam itu mungkin dan bahkan benar-benar mungkin untuk akhirnya muncul kembali.

Nah emosi muda,. para ilmuwan telah lama berspekulasi, lebih tepatnya tentang apa yang terjadi ketika materi memasuki lubang hitam. Pada sains mekanika kuantum, satu sisi menyatakan bahwa materi tersebut tidak dapat dihancurkan, sementara pada teori relativitas umum lainnya menyiratkan bahwa hal itu malah sebaliknya. Teka-teki sains ini dikenal sebagai informasi paradoks.

"Saya mengusulkan ide bahwa tentang materi yang memasuki lubang hitam tersebut tidak disimpan pada ranah pedalaman lubang hitam seperti yang sudah diduga sebelumnya, tetapi pada batasan cakrawala peristiwa," kata Hawking dalam sebuah konferensi sains di Stockholm kemarin.

Materi ini selanjutnya bisa keluar dan dipancarkan kembali keluar dari lubang hitam melalui sebuah radiasi, Menurut Hawking hal ini adalah sebuah fenomena di mana foton dipancarkan karena fluktuasi kuantum.

Hal ini tidak hanya akan memberikan teori baru tentang suatu materi melarikan diri lubang hitam, tetapi juga akan memberikan solusi untuk paradoks informasi yang telah membingungkan para ilmuwan selama ini. Kemungkinan informasi yang dipancarkan dari lubang hitam ini akan cukup banyak berguna.

"Informasi tentang partikel yang masuk dan kembali, tetapi kemudian dalam bentuk kacau dan tidak berguna," kata Hawking. "Ini memecahkan paradoks informasi yang ada serta untuk semua tujuan praktis akan informasi yang hilang."

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.