Inilah Tempat Terpanas Didunia

Inilah Tempat Terpanas Didunia
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Selamat datang di Dallol, Ethiopia: The Hottest Place On Earth. Inilah tempat terpanas didunia yang sangat luar biasa ekstrim. Tidak peduli seberapa tinggi suhu udara di daerah anda pada musim panas, namun jika dibandingkan dengan suhu sehari-hari di Dallol, Ethiopia maka tempat anda tinggal masih akan sangat beruntung. Dengan suhu rata-rata secara konsisten berada di 94 derajat Fahrenheit atau berkisar di 35 derajat Celcius, Karena itu pula wilayah Dallol, di Ethiopia menjadi tempat berpenghuni yang terpanas di planet ini. Gurun Danakil yang mengelilingi pemukiman kering disekitarnya turut memberikan kontribusi iklim panas di Dallol. Suhu tinggi rata-rata tahunan adalah 105 F (40.5 Celcius), tetapi pada bulan Juni lalu suhu bisa meroket ke tingkat 116 Fahrenheit atau 46.6 derajat Celcius. Panas dan kekeringan menguasai Dallol, membuat pengunjung merasa seperti mereka berada di planet lain.

Tempat terpanas di bumi
Kondisi lanskap geologi yang unik ini sudah hampir menyerupai planet Mars. Wilayah ini adalah rumah bagi kedua bidang hidrotermal dan gunung berapi, laporan dari awan pijar yang menutupi daerah ini sebelumnya dimana gunung berapi mungkin telah mengalami erupsi pada Januari 2015.

Inilah Tempat Terpanas Didunia

Gunung berapi disini adalah salah satu ventilasi vulkanik yang terendah di dunia, dan keberadaan air panas di Dallol yang membuat kawasan itu secara visual sangat mencolok. Bumi melepaskan senyawa kimia seperti ferrous chloride (klorida besi) dan iron hydroxide (hidroksida besi) kedalam air, yang akhirnya mengeras setelah dilepaskan dan mewarnai deposit garam hingga danau berwarna putih kehijauan. Setelah beberapa waktu, mata air yang tidak aktif teroksidasi dan menjadi coklat seperti karat pada logam pada umumnya. Proses yang sama berulang selama bertahun-tahun, membasahi daerah itu sehingga nyaris makhluk hidup akan sulit bertahan dalam kondisi se-ekstrim itu.

Sulphur dan lava hitam padat menelan beberapa mata air, kolam cyan yang ada berisi air beracun. Terbuka di bagian kerak bumi, disebut juga sebagai fumarol, memuntahkan uap dan gas ke dalam udara panas yang terbakar, meningkatkan suhu sekitarnya bahkan lebih panas lagi. Daerah alien ini secara harfiah terbentuk dalam seratus juta tahun lamanya, ilmuwan memprediksi bahwa Bumi akan robek dan terbuka menganga dan berada dekat Laut Merah serta akan menelan gurun seluruhnya.

Inilah Tempat Terpanas Didunia

Iklim yang tak kenal ampun di Dallol juga telah membuatnya menjadi salah satu daerah yang paling terpencil di Bumi. Disini jalan tidak ada, dan unta adalah satu-satunya bentuk transportasi yang tersedia. Terlepas dari kendala tersebut, nilai garam yang diproduksi di wilayah tersebut telah menarik sejumlah perusahaan ekstraktif sepanjang abad ke-20. Pada awal 1900-an, sebuah kota pertambangan bermunculan di dekat kawah dengan kegiatan pertambangan milik Italia dan Amerika hingga sampai tahun 1960-an.

Inilah Tempat Terpanas Didunia

Kota-kota bekas pertambangan itu telah ditinggalkan sampai hari ini, pedagang garam masih melakukan perjalanan ke Dallol untuk mengumpulkan mineral dan membawanya dengan menggunakan unta menuju Berhale atau Mekele, di mana garam akan diangkut ke dataran tinggi Ethiopia dan Sudan. Garam produksi Dallol ini menyediakan hampir 100 persen garam yang dikonsumsi di Ethiopia.

Inilah Tempat Terpanas Didunia

Sisa-sisa kamp pertambangan.
Garam produksi Dallol memang bernilai jual namun ini juga yang menambahkan elemen bahaya lain ke wilayah tersebut. Garam Dallol bernilai banyak uang, dan dengan demikian menjadi sebagai sumber potensi konflik terutama di daerah di mana berbagai kelompok yang berlomba-lomba untuk mengontrol politik dan teritorial. Orang-orang Afar nomaden bersenjata melindunginya sebagai milik mereka, dan akan bersedia berjuang membela "emas putih" (istilah untuk garam dallol) dari pencuri dan pemberontak. Pertempuran di perbatasan sedang berlangsung antara Ethiopia dan Eritrea, dan sering tumpah menyebar ke wilayah Afar. Bahkan, pada kisaran tahun 2007-2012 pejuang pemberontak menculik dan membunuh wisatawan dan penduduk lokal dalam berbagai serangan.

Inilah Tempat Terpanas Didunia

Namun demikian, kunjungan wisata malah terus meningkat. Pengunjung disarankan untuk bepergian dengan pengawalan penjaga bersenjata lengkap dan membawa banyak air. Dallol adalah tidak seperti tempat lain umumnya yang ada di planet ini, dan anda butuh untuk memiliki keberanian lebih untuk mengunjunginya, setidaknya sekali dalam seumur hidup anda jika memiliki kesempatan bila anda adalah seorang yang menyukai tantangan berpetualang ke tempat-tempat yang ekstrim. Sekian, terimakasih dan Wassalamualaikum. All image source by; all-that-is-interesting.com

Baca Juga; Gengster Dan Satanisme

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.