13 fobia yang paling konyol

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Hmm fobia, adalah gejala psikologi dimana penderitanya mengalami rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu, lihat detil pengertian Fobia di Fobia - Wikipedia. Ada banyak sekali jenis fobia yang diidap oleh manusia, mulai dari fobia terhadap hewan kecil seperti laba-laba, kecoak, tikus hingga fobia terhadap ketinggian. Namun kali ini kita akan membahas tentang 13 jenis fobia yang paling tidak masuk akal, bahkan terdengar konyol sekali, seperti rasa takut kepada badut hingga fobia terhadap angka 13. Sayangnya penderita fobia bisa tersiksa oleh hal-hal yang paling tidak biasa menurut mereka tersebut.

1) Xanthophobia - Fobia Warna kuning

13 fobia yang paling konyol

Para penderita xanthophobia mungkin tak takut apapun kecuali warna kuning, termasuk matahari, baju berwarna kuning, bunga bakung dan segala sesuatu yang dicat atau berwarna kuning. Dalam bentuk yang paling agresif gejala xanthophobic mungkin termasuk rasa takut yang luar biasa.

2) Turophobia- Fobia Keju

13 fobia yang paling konyol

Penderita Turophobia biasanya sering mengaitkan keju dengan memori traumatis yang mereka alami. Dari penganan cheddar hingga roti bakar keju, tak jarang mereka harus menghindar lari jika mereka melihat begitu banyak potongan keju. Beberapanya mungkin takut hanya kepada satu jenis keju saja, sementara yang lain mungkin merasakan sangat takut akan keju.

3) Somniphobia- Fobia Tidur

13 fobia yang paling konyol

Somniphobia adalah ketakutan yang irasional akan tidur yang berlebihan. Penderita Somniphobes mungkin takut akan jatuh tertidur karena mereka menganggap bahwasannya tidur adalah sama dengan mati. Hal ini juga hasil dari perasaan mereka dimana kurangnya kontrol diri, atau berasal dari efek akan penderitaan tentang mimpi buruk yang terjadi berulangkalinya. Somniphobics juga mungkinjuga merasa takut kehilangan sesuatu saat tidur mereka.

4) Coulrophobia - Fobia Badut

13 fobia yang paling konyol

Coulrophobia adalah jenis fobia yang bisa dikatakan relatif umum, dan rasa takut ini biasanya hadir pada anak-anak (menurut berbagai survei). Badut yang menakutkan bagi mereka itu bahkan sering tampak dalam budaya populer modern, contohnya dalam bentuk gambar Joker, atau tokoh antagonis di komik Batman dan adaptasi film-film yang berkaitan. Coulrophobia ini bahkan diidap oleh beberapa selebriti holywood seperti Daniel Radcliffe dan Johnny Depp si pemeran Jack Sparrow dalam film kolosal Pirate of Caribean. Depp mengatakan bahwa ia takut akan badut: "rasanya seperti tidak mungkin, senyum mereka pada wajah yang dicat, tidak bisa untuk membedakan apakah mereka sedang senang atau mungkin mereka akan menggigit wajah anda."

5) Hylophobia- Fobia Pohon

13 fobia yang paling konyol

Hylophobia ini melibatkan ketakutan irasional penderitanya akan kayu, hutan, atau pohon. Hal ini biasanya sering disebabkan oleh paparan film dan dongeng yang menampilkan sosok hutan yang menakutkan di masa kecil mereka. Setiap pemandangan akan kayu akan dapat segera memicu kecemasan. Hylophobes akan menderita kecemasan yang ekstrim walau mereka sekedar berpikir tentang kayu.

6) Omphalophobia- Fobia Pusar

13 fobia yang paling konyol

Omphalophobia adalah rasa takut akan pusar yang berada diperut. Penderita jenis ini merasa takut kepada pusar saat menyentuhnya, atau saat menyentuh pusar orang lain. Ketakutan ini sering dikaitkan dengan gambaran asosiasi pusar sebagai tali pusat penghubung antara bayi dalam kandungan dan rahim seorang ibu. Orang dengan Omphalophobes dapat merasa jijik hanya dengan melihat atau bahkan hanya berpikir tentang hal itu.

7) Nomophobia- Fobia ponsel tidak mendapat sinyal

13 fobia yang paling konyol

Istilah Nomophobia ditemukan lima tahun lalu setelah peneliti menemukan fenomena tersebut. Menurut survei baru-baru ini, lebih dari setengah dari orang di Inggris menderita fobia tersebut. Fobia yang disebabkan oleh rasa takut akan kehilangan sinyal ponsel, kehabisan baterai, atau bahkan kehilangan pandangan dari ponsel, atau tidak bisa jauh dari ponsel mereka.

8) Ombrophobia- Fobia Hujan

13 fobia yang paling konyol

Ombrophobes adalah jenis fobia dimana penderitanya memiliki ketakutan yang abnormal akan hujan yang dapat menyebabkan serangan kecemasan yang parah. Hal ini diduga dipicu oleh sejumlah faktor, termasuk fakta psikologis dari pengalaman masa kecil dimana anak-anak sering dilarang untuk tidak pergi keluar dalam hujan karena akan membuat mereka sakit. Fobia hujan ini juga sering dikaitkan dengan depresi atau stress.

9) Papaphobia- Fobia terhadap Paus (pemimpin tertinggi umat Katolik)

13 fobia yang paling konyol

Rasa takut kepada paus memang jarang terjadi. Hal ini terkait erat dengan Hierophobia (ketakutan akan individu yang dianggap suci atau hal-hal kudus lainnya). Hal ini juga terkait dengan hagiophobia yang merupakan ketakutan berlebihan atau irasional atau rasa tidak suka dari orang-orang kudus dan hal-hal yang dianggap suci. Ketakutan ini mungkin sering dipicu oleh trauma yang terkait dengan hal-hal tersebut juga.

10) Uranophobia- Fobia Akhirat

13 fobia yang paling konyol

Ini yang paling aneh, penderita uranophobia takut akan langit dan akhirat. Hal ini dapat dipicu oleh para penganut agama yang takut akan gagasan bahwa mereka akan diadili setelah kehidupan.

11) Pogonophobia- Fobia Jenggot

13 fobia yang paling konyol

Pogonophobia istilah ini telah digunakan sejak tahun 1850-an untuk menggambarkan akan rasa takut yang kuat dari kehadiran jenggot. Beberapa waktu lalu, presenter TV ternama, Jeremy Paxman menuduh saluran berita ternama channel BBC menderita pogonophobia setelah ia dikritik karena menghadirkan berita malam dengan tampang berjenggotnya.

12) Trypophobia- Fobia Lubang

13 fobia yang paling konyol

Para penderita trypophobia takut benda dengan lubang-lubang kecil. Walau hal ini belum dianggap sebagai jenis phobia resmi, namun diyakini ribuan orang dilaporkan menderita fobia itu. Penderita Trypophobics bisa diasosiasikan ketakutan itu dengan potensi bahaya. Contohnya, sarang lebah, spons dan setiap tanaman dengan lubang kecil di dalamnya. Gejala Trypophobia berkisar dari mual dan kulit gatal hingga merasa sangat panik.

13) Triskaidekaphobia- Fobia Angka 13

13 fobia yang paling konyol

Banyak orang yang percaya takhayul tentang angka 13 yang dianggap sebagai angka sial, tetapi hanya sedikit dari mereka yang memiliki fobia ini sepenuhnya. Hal ini erat kaitannya dengan rasa takut akan isu tahayul horor Jumat ke 13. Penderita fobia ini biasanya selalu berhati-hati untuk menghindari, menggunakan, atau melakukan apapun yang berhubungan dengan nomor tersebut.

Nah emosi muda, apakah anda juga mengidap fobia? jika ya anda tidak perlu khawatir, karena mengatasi fobia dengan cepat adalah dengan cara menghadapi rasa takut itu sendiri. Lumrah adanya jika manusia memiliki rasa takut karena hal itu juga merupakan salah satu mekanisme sistem dasar makhluk untuk bertahan hidup, namun jika anda harus takut terhadap hal yang sudah seharusnya tidak perlu dikhawatirkan tentu hal itu tidak perlu terjadi ya kan? Fobia bisa disembuhkan jika anda bertekad kuat untuk menghadapinya, Insya Allah. Sekian, terimakasih dan wassalamualaikum.
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.