Tips Untuk Memulai Sebuah Blog Fotografi

Tips Untuk Memulai Sebuah Blog Fotografi
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Memotret orang, tempat dan benda-benda adalah sebuah hobi yang menyenangkan dan memperkaya pengalaman visual. Anda menangkap beberapa adegan dan saat-saat atau moment yang menurut anda perlu diingat dan dikenang. Tapi jika anda terjun ke dalam kegiatan ini, bagaimanapun juga, kadang-kadang mungkin anda merasa sulit untuk menyimpan gambar yang anda miliki.

Untungnya, ada banyak cara untuk menyimpan foto hari ini terutama secara online. Anda dapat membuat album di situs jejaring sosial atau di situs eksklusif untuk berbagi foto seperti instagram misalnya. Atau anda dapat memulai sebuah blog fotografi untuk berbagi foto terbaik yang anda milik dan menampilkannya keseluruh pemirsa internet di dunia maya.

Dalam hal ini menurut saya blog WordPress adalah platform blog yang paling sangat dianjurkan. Wordpress tidak hanya mudah digunakan tetapi juga memiliki banyak fitur yang besar yang akan membantu anda membuat blog yang akan tampil menarik dan berfungsi penuh. Nah tentunya ada beberapa langkah dasar yang perlu anda ikuti untuk membuat sebuah blog fotografi yang anda inginkan.

1. Pilih Tema
Ketika anda memilih tema, anda dapat memilih tema yang gratis atau tema kustom yang memerlukan sedikit biaya untuk mendapatkan full template. Untuk memulainya, meskipun, anda dapat menggunakan tema gratis yang indah yang tersedia tetapi perhatikan bahwa template yang akan anda gunakan haruslah sejalan dengan fokus blog anda. Jika anda cenderung ke fotografi alam, misalnya, anda dapat memilih tema yang memiliki base pemandangan atau bunga-bungaan.

2. Install Plugin
Jangan lupa untuk menginstal plugin yang akan sangat membantu anda dalam membuat blog anda lebih interaktif. Beberapa dari plugin juga membuat lebih mudah bagi anda untuk berbagi dan memposting blog anda di situs media sosial favorit anda.

JetPack, misalnya, adalah sebuah widget, statistik dan memungkinkan anda secara otomatis berbagi posting di berbagai jaringan sosial yang anda gunakan.

Akismet adalah plugin yang menurut saya harus digunakan. Alat ini menyaring komentar spam sehingga melindungi blog anda dari spammer yang bisa membahayakn blog anda.

WordPress SEO juga sangat dianjurkan. Plugin ini memungkinkan anda mengambil kendali dari judul, deskripsi dan kata kunci dan mesin pencari, sehingga sangat membantu anda untuk lebih exist di pencarian internet semisal google ataupun bing.

3. Tambahkan Teks
Terlepas dari posting foto anda, namun itu adalah ide yang baik untuk menambahkan teks seperti deskripsi singkat atau cerita di balik gambar tertentu yang anda bagikan. Dengan cara ini, pembaca anda akan tahu inspirasi di balik foto dan pesan apa yang anda coba selipkan melalui gambar anda.

Tips lain yang bagus adalah untuk menghubungkan posting blog anda ke Flickr dan akun media sosial lainnya. Dengan cara ini, pembaca anda akan melihat gambar anda yang lain yang anda mungkin tidak dapat bagikan di blog anda.

4. Posting secara teratur
Pastikan untuk mempublikasikan tulisan segar secara reguler. Ketika anda mampu melakukan ini, anda akan dapat mendapatkan pembaca setia di blog anda.

Dan membuat sebuah merk tertentu untuk mempublikasikan foto milik anda. Tidak masalah jika pun anda bukan seorang fotografer profesional karena yang lebih penting adalah anda mampu menunjukkan kreativitas anda sendiri. Berikut contoh blog fotografi yang saya buat sendiri. Terimakasih dan wassalam.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.