Pentingnya Tag H1 untuk SEO

Pentingnya Tag H1 untuk SEO
Halo emosi muda,. Assalamualaikum. Algoritma mesin pencari terus berkembang, berbagai elemen, baik di dalam dan luar halaman terus berubah, pengalaman akan pergeseran algoritma ini sangat penting sebagai acuan dan faktor untuk menaikkan peringkat blog anda. Beberapa faktor mempengaruhi peringkat atau telah kehilangan beberapa pengaruhnya terhadap kinerja mesin pencari tentu dipengaruhi banyak hal. Selain itu, karena semakin banyak faktor peringkat baru yang diperkenalkan, maka dampak salah satu faktor yang lain juga akan turut berkurang.

Tag H1 telah lama menjadi faktor peringkat yang berpengaruh dan merupakan sinyal penting untuk mesin pencari tentang seperti apa halaman konten yang anda miliki. Proporsi pengaruh H1 pada peringkat mesin pencari dibandingkan dengan gambaran keseluruhan telah berkurang dari waktu ke waktu, tetapi masih dianggap sebagai faktor penting dalam tehnik SEO.

Hal ini digambarkan dengan survei dua-tahunan Moz pada faktor peringkat mesin pencari. Berdasarkan pendapat dari 120 pemasar SEO terkemuka, sebuah survei pada tahun 2013, peringkat otoritas halaman sebagai faktor peringkat paling penting dengan skor relatif minimum 0,39. Penggunaan kata kunci dalam tag H1 diterima dengan skor 0,12. Dan hal ini menempatkan tag H1 di bawah setengah dari faktor peringkat PA, tapi tetap saja masih merupakan faktor penting.

Tentu saja, ada banyak di industri SEO yang akan berpendapat bahwa H1 bertarget kata kunci (keyword) tidak akan membantu pada peringkat halaman. Rand Fishkin seorang pakar SEO menjelaskan beberapa tes yang dijalankan untuk melihat pentingnya H1 teks. Hasil tes ini menemukan bahwa memiliki kata kunci hanya dalam font yang lebih besar memiliki dampak yang sama seperti format dengan tag H1.

Lainnya, seperti Jayson DeMers dalam sebuah artikel Forbes baru-baru ini, percaya bahwa H1 adalah elemen SEO on-page yang penting.

Hal yang hilang dalam argumen ini adalah bahwa kedua belah pihak cenderung berfokus pada hubungan langsung antara tag H1 dan kemampuannya untuk membantu peringkat halaman dengan memasukkan kata kunci. Apa yang tidak sering disebutkan adalah efek sebuah judul H1 memiliki faktor-faktor peringkat lain dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Apapun pendapat anda tentang hal itu, namun tetaplah penting untuk melihat efek peringkat tidak langsung dari H1 tag.

Pengaruh lain dari faktor H1
Sementara kata kunci masih merupakan faktor peringkat yang penting, apakah itu dalam H1 atau hanya mungkin sebuah teks di bagian atas halaman, ada tingkatan lain dari efek H1 tag pada kinerja mesin pencarian organik. Kemampuan halaman untuk secara efektif ini melibatkan pengalaman pengguna adalah cara lain Google unutk mengatur hasil pencarian. Tingkat bounce rate ini bisa dibilang merupakan sebuah metrik yang paling penting dan sebagai tolak ukur pada algoritma Google.

Seorang pakar teknologi Steven Levy diberikan akses ke markas perusahaan Google yang tercatat dalam bukunya "Plex". Menurut buku itu, insinyur Google mengidentifikasi tingkat bouncing dari hasil pencarian sebagai sinyal kualitas suatu web. Jika user mesin pencari tidak kembali ke halaman hasil pencarian setelah mengklik hasil individu, ini adalah sinyal kuat untuk Google bahwa pengguna mendapatkan apa yang diperlukannya. Namun, jika pengguna dengan cepat kembali ke halaman hasil pencarian mesin setelah mengklik suatu halaman, akibatnya, halaman web tersebut akan diidentifikasi sebagai hasil yang buruk dan oleh karena itu juga peringkatnya bisa jatuh atau turun.

Signifikansi H1 untuk metrik keterlibatan dari survei ini adalah bahwa tag H1 adalah elemen pertama halaman yang mendarat di halaman mesin pencari. Oleh karena itu penting untuk diketahui bahwa sebuah judul menjamin pengguna berada pada tempat yang tepat dan dianggap telah menemukan apa yang mereka cari.

Jika pengguna yakin bahwa mereka telah menemukan jawaban mereka, mereka mungkin akan menghabiskan beberapa waktu di halaman yang ditemukan. Ini menggambarkan bagaimana H1 tidak hanya merupakan faktor peringkat secara langsung (dengan pertimbangan penggunaan keyword), tetapi juga merupakan faktor peringkat tidak langsung dan membantu dalam kata kunci pencarian pengguna mesin pencari.

Perspektif Hummingbird
Google Hummingbird adalah pembaruan algoritma, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang positif, hal ini jelas membuka kesempatan besar untuk mengoptimalkan tag H1. Fitur utama dari algoritma Hummingbird adalah drive dan kemampuan untuk melihat "history" kata kunci dalam permintaan pencarian dari pengguna Google. Dengan memahami maksud pencarian dengan permintaan kata kunci ter-target, sebuah H1 dapat dibuat untuk berkomunikasi secara langsung dengan hal yang maksud itu. Jika Google merasa seuai dengan penafsiran pengguna yang secara efektif dikomunikasikan dalam H1 tag, ini tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan promosi ranking bagi web yang dimaksud.

Konten sebagai jawaban atas permintaan pengguna google, Praktik yang baik adalah dengan memformat H1 tag sebagai pertanyaan, dan menjawab pertanyaan tersebut berupa konten. Sejak peluncuran Hummingbird, saya telah mengambil beberapa catatan dari masuknya hasil pencarian teratas yang berisi pertanyaan di H1 tag. Meskipun ini bukan pengamatan secara ilmiah, tapi hal itu bisa menjadi tolak ukur bagi tehnik SEO yang sesuai dengan pengalaman pengguna.

Ketika kita fokus pada optimasi on-page, maka hal itu adalah praktik SEO berharga untuk kita meluangkan waktu dan memberi perhatian pada H1 tag. Dengan dioptimalkannya H1 maka anda akan memberikan pengalaman positif bagi pengguna google dan secara otomatis meningkatkan posisi web atau blog anda dalam hasil mesin pencari. Sekian dan Wassalamualaikum.
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
14 Juni 2015 00.18 delete

hm udah nyadar sih tapi bingung nagtur di blog gimana caranya

Reply
avatar
14 Juni 2015 19.46 delete

gedein ja huruf keywordnya om

Reply
avatar
15 Juni 2015 01.59 delete

Mungkin ini bermanfaat :
1. https://waroong.net/blog/cara-menulis-artikel-seo-di-blogspot-wordpress/#1-Cara-Menulis-Artikel-SEO-di-Blogspot

2. https://waroong.net/blog/cara-menulis-artikel-seo-di-blogspot-wordpress/#2-Cara-Menulis-Artikel-SEO-di-WordPress

Reply
avatar
15 Juni 2015 04.40 delete

Kalo pas H1 nya bisa jadi Keyword mantap lah tu bg ya..

Reply
avatar
28 Juni 2015 15.21 delete

Makasih infonya bang, mhn masukan dan saran abang buat blogku www.ponselgraphy.blogspot.com

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.