Instalasi Java 8 dan Eclipse Luna di Window, Mac dan Linux

Instalasi Java 8 dan Eclipse Luna di Window, Mac dan Linux
Halo emosi muda,.. Secara keseluruhan sebelum menginstal Eclipse. Perhatikan bahwa instruksi ini hanya untuk Java 8 dan Eclipse Luna. Sebelum menginstal perangkat lunak apapun, periksa dengan instruktur anda apakah ini adalah perangkat lunak yang benar-benar anda butuhkan, jika tidak, anda tidak akan dapat bekerja pada proyek yang sedang anda kerjakan.

Proses instalasi Eclipse memiliki dua langkah:

1. Instal Java SE Development Kit 8 (jdk-8u31 pada Jan 2015).
2. Instal Eclipse 4.4.1 (Luna).

Di bawah ini saya akan menjelaskan proses instalasi untuk Windows dan untuk Mac OS X. Jika anda memiliki sistem yang berbeda (misalnya, Linux), anda juga bisa menggunakannya untuk sistem anda.

Window OS
1. Instal Java 8
Catatan: Jika anda memiliki versi sebelumnya dari Java yang sudah terpasang, anda seharusnya menghapus file lama itu terlebih dahulu. Beberapa versi Java memang menyebabkan masalah di masa lalu. Jika Eclipse anda tidak bekerja atau berhenti bekerja, salah satu alasan yang paling mungkin adalah konflik antara versi Java yang berbeda, karena itu anda perlu menghapus Java lama anda terlebih dahulu.

1. Untuk 64-bit download jdk-8u31-windows-x64.exe (Windows x64 (64-bit)).
    Untuk 32-bit download jdk-8u31-windows-i586.exe (Windows x86 (32-bit)).

2. Double klik pada file yang didownload dan ikuti petunjuk instalasi. Anda tidak perlu mendaftar untuk menggunakan JDK tersebut.

2. Instal Eclipse 4.4 (Luna)

Catatan: Jika anda memiliki masalah dengan unzip file, anda bisa mencoba 7-zip.

2. Setelah anda membuka file tersebut, anda akan melihat folder baru di mana anda akan menemukan aplikasi Eclipse (titik biru besar). Saya menyarankan anda membuat shortcutnya pada desktop untuk menyederhanakan peluncuran Eclipse.

Catatan: Tidak seperti Java, Eclipse tidak memiliki proses instalasi. Setelah anda meng-unzip file tersebut, maka langsung bisa digunakan.

3. Perhatikan bahwa file .zip yang diberikan di atas sudah termasuk plugin CS.

4. Jika anda memiliki ruang kerja Eclipse yang menggunakan Java versi yang berbeda, anda mungkin mengalami beberapa masalah, so sebaiknya anda menggunakan versi terbaru.

Mac OS X
1. Instal Java 8
Catatan: Untuk menginstal Java 8.0 Anda harus memiliki Mac Singa atau di atas. Anda dapat menemukan versi sistem operasi pada Mac dengan membuka "Tentang Mac ini" dari menu sistem. Anda dapat memverifikasi versi Java Anda memiliki dengan membuka jendela perintah dan menjalankan java-version.
1. Download file jdk-8u31-macosx-x64.dmg.
2. Klik dua kali pada file yang didownload dan ikuti petunjuk instalasi. Anda tidak perlu mendaftar JDK tersebut.
3. Catatan: Jika anda sudah memiliki Eclipse yang sudah diinstall, sebaiknya membuat ruang kerja baru Eclipse sehingga rilis Java akan kompatibel.

2. Instal Eclipse 4.4 (Luna)
1. Kebanyakan versi OS Mac adalah mesin Intel 64-bit, sehingga perangkat lunak yang anda butuhkan adalah Eclipse4.4.1Luna64MacOS.zip. Setelah anda meng-unzip file tersebut, anda akan melihat folder di mana anda akan menemukan aplikasi Eclipse (ditandai dengan titik biru besar). Saya sarankan anda membuat shortcut di desktop untuk menyederhanakan peluncuran Eclipse. Ingat bahwa anda harus menginstal Plugin Kursus Manajemen seperti yang dijelaskan pada langkah berikutnya. Jika anda memakai OS Mac yang bukan jenis mesin Intel 64-bit, meaka download versi Eclipse yang sesuai dengan OS yang anda gunakan di http://www.eclipse.org/downloads.

PENTING: Bagi anda yang menggunakan Mac OS X Mountain Lion (10.8). Ketika anda memulai Eclipse untuk pertama kalinya, anda mungkin melihat pesan "Eclipse can't be opened because it is from an unidentified developer". Untuk menjalankan Eclipse untuk pertama kalinya, tekan tombol control key, klik pada icon Eclipse, dan pilih Buka.

3. Install the Course Management Plugin
-Dalam Eclipse, select Help→Install New Software ...
-Klik pada tombol "Add ...".
-Pada kotak dialog:
  Untuk "Nama" Pengguna: Silahkan isi terserah anda
  Untuk "Lokasi" Pengguna: Silahkan isi terserah anda
-Klik tombol "OK".
-Klik segitiga di sebelah "Uncategorized", kemudian pilih Project Manager Course.
-Pilih Berikutnya, accept the license, dan klik Finish.
-Klik OK di jendela pop-up yang memberitahukan tentang menginstal perangkat lunak yang berisi konten unsigned.
-Restart Eclipse untuk mengambil efek plugin.

USB drive (PC)
Anda dapat menginstal Eclipse dan Java pada USB drive, dan menjalankan Eclipse dari PC dengan port USB. Perlu diingat menggunakan tehnik ini bisa membuat lambat untuk mengakses Eclipse. Anda membutuhkan sekitar 1.5GB memori flashdisk untuk Eclipse dan Java, karena itu USB drive yang anda butuhkan minimal 2GB.

1. Salin folder Eclipse ke drive USB.
2. Salin Java JDK dari PC ke USB drive. Anda akan menemukan JDK di bawah C: \ Program Files \ Java. Biasanya, ia dinamai jdk1.8.0 _ ##, di mana ## adalah nilai dua digit (misalnya, C: \ Program Files \ Java \ jdk1.8.0_20).
3. Tentukan ruang kerja pada drive USB sebagai berikut:
  -Menjalankan Eclipse.
  -Dalam "Select a workspace" dialog, gunakan "Browse ..." untuk memilih drive USB.
  -Arahkan pada nama folder dan pilih OK.

4. Memunculkan Eclipse dan menentukan JRE hadir pada drive sebagai salah satu yang akan digunakan untuk proyek-proyek kerja anda.
Untuk menentukan JRE di Eclipse, pilih Window → Preferences → Java → Installed JREs → → Cari dan temukan folder JDK yang anda ditempatkan di usb drive. Buat jre default dan tekan OK. Perhatikan bahwa saat membuat sebuah proyek baru,aAnda mungkin perlu menentukan JRE tertentu yang digunakan.

USB drive (Mac)
Anda dapat menginstal Eclipse dan Java pada USB drive, dan menjalankan Eclipse dari Mac dengan port USB. Perlu diingat bahwa hal ini juga membuat aplikasi Eclipse berjalan lambat daripada diinstall didalam OS secara langsung. Anda membutuhkan sekitar 1GB hanya untuk Eclipse dan Java, karena USB drive minimal 2GB dianjurkan.

1. Salin folder Eclipse ke drive USB.
2. Salin Java JDK dari Mac anda ke drive USB. Anda akan menemukan JDK bawah / Library / Java / JavaVirtualMachines /. Folder yang anda perlu salin berada di Home Folder dan akan anda temukan dalam folder Isi JDK tertentu. Berikut adalah contoh: /Library/Java/JavaVirtualMachines/jdk1.8.0_20.jdk/Contents/Home
3. Tentukan ruang kerja pada drive USB sebagai berikut:
  -Menjalakan Eclipse.
  -Dalam "Select a workspace" dialog, gunakan "Browse ..." untuk memilih drive USB.
  - Arahkan pada nama folder dan pilih OK.
4. Memunculkan Eclipse dan menentukan JRE hadir pada drive sebagai salah satu yang akan digunakan untuk proyek-proyek kerja.

Untuk menentukan JRE di Eclipse, pilih Eclipse → Preferences → Java → Installed JREs → Add ... → MacOS X VM → Directory dan kemudian pilih home folder yang terkait dengan JDK. Pastikan anda memilih JDK ini sebagai default dalam bagian "JRE Installed". Perhatikan bahwa saat membuat sebuah proyek, anda mungkin perlu menentukan JRE tertentu yang anda gunakan.

Linux
1. Instal Eclipse dari situs Eclipse (Software Source).
2. Menginstal Course Management plugin (Software Source).
Beberapa distribusi linux (misalnya Ubuntu) memiliki paket khusus untuk Eclipse tersedia melalui tool instalasi, tetapi jika hanya pada versi 4.4, lebih baik untuk menginstal versi 4.4 langsung dari situs Eclipse.

Warna Tema
Catatan: Anda tidak perlu menginstal plugin ini. Hal ini hanya untuk tambahan saja atau jika anda ingin mengubah skema warna default.

Dari menu, pilih Help → Instal New Software ...
Klik pada tombol "Add ..." .
Pada kotak dialog:
Untuk "Nama" Pengguna: Silahkan isi terserah anda
Untuk "Lokasi" Pengguna: Silahkan isi terserah anda
Klik tombol "OK".
Pilih "Eclipse Color Theme".
Pilih Berikutnya.
Pilih "Eclipse Color Theme".
Terima Syarat dan pilih Finish.
Restart Eclipse.
   -Windows - Buka Jendela → Preferences → General → Appearance → Color Theme dan buat perubahan yang anda inginkan.
    -Mac - Buka Eclipse → Preferences → General

Software Source
~Java SE Development Kit 8 Downloads site: http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/
~Eclipse situs download: http://www.eclipse.org/downloads/
~Course Management plugin: http://www.cs.umd.edu/~pugh/eclipse/
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.