Dunia Internet Marketing, Mungkinkah Sukses?

Dunia Internet Marketing, Mungkinkah Sukses?
Halo emosi muda,. setelah sekian lama saya tidak mengupdate artikel disini, ternyata ada satu kerinduan khusus untuk menulis lagi disini, cuma terkadang saya bingung mau menulis apa (perasaan dari dulu emang selalu bingung lah). Okay ya sudah, saya putuskan saja untuk menulis tentang blogging, terutama tentang penghasilan dari profesi blogger.

Well,. ada banyak orang menyangka hanya dengan duduk-duduk saja dan menulis artikel kemudian uangpun berdatangan sengan sendirinya, umumnya anggapan ini ada pada orang-orang yang memiliki sedikit pengetahuan tentang dunia blogging. Terlebih lagi hanya gara-gara beberapa berita tentang keberhasilan besar di internet marketing maka tak jarang pula ramai yang memutuskan dirinya sendiri untuk terjun kedalam dunia online income dengan motivasi terbesar adalah UANG.

Nyatanya setelah mereka terjun ke dunia blogging hasil yang diharapkan tak kunjung datang, hingga berujung kekecewaan dan akhirnya banyak pula yang beranggapan penghasilan besar dari blogging adalah mitos dan hanya berita hoax. Perlu anda ketahui bahwasannya bekerja dengan profesi internet marketer sebenarnya sama saja dengan bekerja didunia nyata, butuh kerja keras, dan yang paling dibutuhkan adalah kerja pintar! perbedaannya hanya dibagian lokasi bekerja saja, dimana internet marketer bekerja sebagai freelance yang bisa berada dimana saja asalkan kebutuhan internet memadai.

Persaingan didunia online income memang tidak tanggung-tanggung, ada puluhan juta website dari berbagai latar belakang bersaing dalam penjualan dan periklanan, namun jumlah tersebut juga diimbangi oleh jumlah penetrasi internet yang meningkat dari tahun ketahun yang totalnya hingga saat ini mencapai lebih dari 2 milyar pengguna internet. Sebenarnya pasar online marketer masih terbuka lebar dan memiliki potensi yang tidak terbatas, dimana juga saat ini telah berkembang berbagai gadget yang bisa mengakses internet yang berefek kemudahan dalam menjalin komunikasi online kapan saja dan dimana saja. Namun hal ini bukan berarti anda bisa langsung terjun kedunia internet marketing dengan alasan bisnis yang begitu mudah dengan keuntungan yang melimpah.

REAKSI SELALU SAMA KUAT DENGAN AKSI
Ada begitu banyak orang yang terjun kedunia online marketing, namun mereka tidak tahan dalam menghadapi setiap tantangan yang ada, hingga akhirnya menyerah dan memilih jalur lain. Yaa itu pilihan mereka. Namun semua hal itu bisa ditarik kesimpulan bahwa kebanyakan kegagalan dalam dunia online marketing adalah karena "PERSEPSI". Ya persepsi kebanyakan orang rata-rata beranggapan bahwa bisnis internet itu sangat mudah dengan keuntungan gila-gilaan hingga puluhan bahkan ratusan juta perbulan, disaat mereka menghadapi kenyataan persaingan dilapangan yang tidak semudah mereka bayangkan sebelumnya mengakibatkan mereka down dan akhirnya gulung tikar.

Saya tidak mengatakan bahwa penghasilan online itu adalah sulit, tapi harus anda sadari bahwa keberhasilan itu membutuhkan waktu dan perjuangan yang keras pula. Anda mungkin mendengar kisah beberapa orang yang sukses di online income, baik di advertising seperti adsense ataupun bisnis affliasi. Tapi apakah anda tahu tentang bagaimana perjuangan mereka hingga menuai kesuksesan? Kebanyakan kisah mereka yang sukses selalu diukur dari seberapa besar penghasilan mereka. Seharusnya anda sadari selalu ada dua sisi, ukur juga bagaimana berat usaha mereka hingga menuai sukses.

Sebuah kesuksesan besar membutuhkan pengorbanan yang besar pula. Tidak ada hal instan yang semudah membalikkan telapak tangan, semua itu butuh waktu bro! Anda membangun bisnis sejak dini dan menyusun konsep rencana hingga target. Namun sekali lagi itu hanyalah teori, disisi lain anda juga mesti menghitung faktor waktu, fikiran, kendala dan situasi dinamika internet yang selalu berubah, anda harus siap dengan semua itu. Konsekuensi terjun kedalam online bisnis anda adalah seorang freelancer yang harus bisa menganalisis serta memantau setiap detilnya pergerakan dinamika internet, mungkin itu sebuah web atau blog yang anda monetisasi, atau bisa juga pasaran dan target audience anda sendiri, semua itu sangat menyita waktu dan fikiran, dan tanpa pengalaman dan ilmu yang cukup maka akan lebih banyak lagi waktu yang anda butuhkan untuk mempelajari semua itu.

TRY & ERROR, GAGAL DAN COBA LAGI
Disaat anda terjun dalam online income, perhatikan bahwasannya anda tidaklah terjun ke sebuah profesi dengan bidang kerja yang teratur dan jadwal pasti seperti yang dilakukan orang-orang yang bekerja dikantor. Profesi anda didunia internet adalah sebuah profesi dimana anda terus mencoba dan mencoba berbagai macam ide dan metoda yang anda miliki, anda tidak bisa berhenti, kenapa? Karena internet adalah tempat dimana suatu hal terus bergerak dengan dinamis, mau tidak mau anda harus mengikuti perkembangannya dan mampu menyesuaikan diri. Mungkin tehnik anda dulunya fenomenal dan berhasil, namun bisa jadi hanya dalam beberapa hari trik jagoan anda bisa tak berguna lagi. Disini anda membutuhkan kecermatan yang tinggi, termasuk sebuah keharusan adanya rencana cadangan!

Jangan terpaku pada penghasilan orang lain yang mungkin sudah mencapai puluhan juta atau mungkin ratusan juta perbulan, hal itu hanya akan membuat diri anda bermimpi-mimpi indah, cukup jadikan sebagai motivasi saja. Fokuskan pada aksi anda dan temukan ide terbaru. Jangan pernah menganggap sepele dan jangan pula menganggap terlalu sulit. Anda hanya butuh keyakinan dan terus bergerak, jika anda berhenti maka anda akan tergilas.

PENGHASILAN MINIM, APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN?
Jika penghasilan anda masih begitu minim, maka anda tidak sendiri. Semua imeirs pemula juga berawal pada pendapatan yang minim. Karena hal besar memang membutuhkan waktu. Perhatikan, rata-rata mereka yang sukses berawal dari ide yang "UNIK", dimana keunikan tersebut membawa mereka pada satu tempat yang mendapat perhatian orang banyak, dalam hal ini kita menyebutnya visitor! Karena visitor adalah faktor kunci dari keberhasilan dunia internet marketing. Potensi bisnis ini masih sangat begitu bagus karena pangsa pasar internasional dan penetrasi pengguna internet yang sangat besar, anda bisa memilih target audience anda, usia mereka, kebutuhan mereka bahkan kultur dan negara mereka, ketahuilah bahwasannya orang akan mengabaikan hal-hal yang terlihat "biasa saja", oleh karena itu maka jadikan diri anda seunik mungkin, bahkan mesin pencari semisal google akan membantu anda jika anda tampil berani "BEDA". Tentunya hal ini juga tak terlepas dari ilmu pengetahuan serta uji coba yang anda lakukan. Saya yakin dengan potensi pasar seluas ini maka pintu kesuksesan masih terbuka lebar jika anda "KONSISTEN" dengan apa yang anda perjuangkan. Jika anda tak yakin maka sebaiknya mundur saja!

Dalam berbisnis memang faktor sukses dan gagal masing-masing memiliki persentasenya, itu bergantung pada keseriusan dan semangat anda. Anda tak perlu harus bekerja keras dalam bidang ini selama anda mampu bekerja dengan pintar, karena ini adalah dunia kode alias dunia skill dan persaingan otak. Dengan bekerja pintar mungkin anda bisa lebih cepat daripada secara manual yang membutuhkan kerja lebih keras, namun kesuksesan adalah paduan dari kerja keras dan kerja pintar. Semoga anda faham. Sekian, terimakasih dan wassalamualaikum. 
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

comments
4 Mei 2015 05.10 delete

sangat setuju,tidak ada hal yang instans kecuali magic
maju terus dalam berkreasi

Reply
avatar
4 Mei 2015 15.10 delete

setiap rasa lelah memiliki bayarannya om..cepat atau lambat, karena itu hukum alam yang tidak bisa dibantah :D

Reply
avatar
15 Oktober 2015 11.48 delete

One word! INSPIRATIONAL....

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.