Apa Beda Telur Putih Dan Telur Coklat?

Beda Telur Putih Dan Telur Coklat
Halo emosi muda.. Assalamualaikum. Anda suka makan telur? Ketika anda memutuskan untuk membeli telur, Anda kemudian meraih telur putih atau telur coklat? Apakah warna tersebut menurut anda berpengaruh terhadap kualitasnya? Mungkin anda membeli telur coklat karena itulah yang anda biasa makan. Atau, mungkin anda telah diberitahu bahwa telur putih yang lebih baik untuk anda? Putih dan coklat telur tentu terlihat berbeda, dan ada sering perbedaan harga antara keduanya. Tapi apakah anda tahu mengapa?

Perbedaannya terletak pada ayam.
Ketika kita melihat pada warna rona dari telur, kuncinya terletak pada berkembang biaknya ayam. Secara umum, ayam berbulu putih biasanya bertelur putih, dan ayam coklat kemerahan berbulu dengan telinga merah bertelur coklat. Ada juga keturunan jenis ayam tertentu yang kurang umum malah ditemukan telur kebiruan dan telur berbintik-bintik.

Apakah telur coklat lebih baik daripada telur putih?
Warna telur bukan merupakan indikator dari kualitasnya. Soal nilai rasa dan gizi, tidak ada perbedaan antara telur putih dan coklat. Terlepas dari kenyataan bahwa beberapa jenis sering lebih mahal, telur coklat tidak lebih baik bagi anda daripada telur putih, dan sebaliknya. Ini bermakna bahwa kedua jenis tersebut sama saja

Apakah telur coklat memiliki cangkang lebih keras?
Cangkang telur kedua warna memiliki ketebalan yang sama. Jika anda pernah memperhatikan bahwa kulit telur tampaknya lebih keras, itu karena usia ayam, bukan warna telur. Ayam muda cenderung bertelur dengan cangkang keras, sementara ayam tua bertelur dengan cangkang tipis. Hal ini berlaku pada keduanya baik telur putih dan cokelat.

Mengapa telur berwarna coklat sering lebih mahal?
Ada persepsi yang mengatakan bahwa karena telur coklat lebih mahal, karena dianggap lebih "alami" atau lebih sehat. Hal itu belum tentu benar. Telur coklat cenderung memiliki harga yang lebih mahal hanya karena ayam berbulu kemerahan yang bertelur coklat adalah lebih besar dari jenis yang bertelur putih, dan karena itu, mereka membutuhkan lebih banyak pakan. Itu biaya tambahan diimbangi oleh - Anda dapat menebaknya - harga yang lebih tinggi di toko.

Satu peringatan kecil!
Ada satu peringatan kecil, namun. Jika anda sudah pernah makan telur dari ayam rumah yang, kemungkinan berwarna cokelat, dan anda mungkin telah memperhatikan bahwa jenis itu terasa sedikit lebih kaya atau memiliki kuning telur yang lebih hidup. Ada alasan untuk itu. Banyak ayam yang biasa ditemukan di halaman belakang kandang berwarna coklat seperti jenis yang memproduksi telur. Tapi itu bukanlah warna telur yang diyakini menyumbang rasa yang lebih baik. Sebaliknya, itu adalah pakan yang diberikan kepada ayam. Pakan memainkan peran besar dalam warna kuning dan rasa telur.

Nah sekarang sudah jelaskan? Jika ada sanggah silahkan protes dengan berkomentar dibawah ini, sekian dan wassalam.
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
28 September 2016 08.24 delete

Tapi kenapa ya kl saya lagi buat mie rebus trs ku kasih telur yang warna cangkangnya pucat/agak putih isi telurnya cair bgt tp rasanya biasa aja.Tapi lain kl telurnya bercangkang coklat pekat isi telurnya kental gak cair secair yg cangkang putih???..

Reply
avatar
28 September 2016 08.28 delete

Selain itu telur yg bercangkang putih td kl saya celupin ke dalam air selalu agak mengambang.Tapi kl telur yg bercangkang coklat saya celupin ke air malah benar2 tenggelam.Saya searching di google katanya sama saja.tapi saya coba sendiri kok banyak perbedaan??..masalahnya ini apakah warna telurnya berpengaruh atau kualitas telurnya itu sendiri?...

Reply
avatar
29 September 2016 22.48 delete

Wah kalau itu saya belum tahu sis.. mungkin ada penyebab lain yang belum diketahui

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.