Cumi-cumi Vampire, Hewan Laut Yang Keren

Cumi-cumi Vampire, gurita vampire
Image by; 2014 MBARI for lifescience
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Ya sesuai dengan namanya yang aneh dan nyeleneh, Vampire Squid atau cumi vampire memang memiliki usia hidup yang panjang. Tak seorang pun yang mengaku pernah melihat pasangan cumi vampir di alam liar laut lepas. Tetapi hasil penelitian baru mengisyaratkan, bahwa makhluk laut ini memiliki strategi reproduksi yang membedakan species mereka dari keluarga cumi lainnya.

Sementara sebagian besar dari species cumi-cumi dan gurita betina hanya memiliki satu siklus reproduksi sebelum mereka mati dan pergi ke alam sana, gurita vampir melalui puluhan siklus proses pembuatan telur dalam hidup mereka, demikian yang para ilmuwan temukan. Penemuan ini menunjukkan bahwa cumi vampir yang bisa hidup beberapa tahun lebih lama dari cumi-cumi dan gurita pesisir lainnya.

Selama musim kawin, cumi-cumi jantan memberikan betina paket sperma, yang entah bagaimana akan dimobilisasi setelah mereka siap untuk melepaskan telur-telurnya, kata Henk-Jan Hoving dari GEOMAR Helmholtz Centre for Ocean Research Kiel di Jerman. Para ilmuwan tidak tahu terlalu banyak tentang bagaimana proses ini bekerja pada cumi vampir karena proses perkawinan mereka belum pernah diamati sebelumnya.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebiasaan reproduksi spesies ', Hoving dan rekan-rekannya melihat ovarium spesimen cumi lebih dari 40 cumi vampir yang telah diawetkan dalam stoples alkohol sejak 1960-an dan 1970-an di Santa Barbara Museum of Natural History. Para peneliti menemukan bukti bahwa banyak betina yang telah melahirkan, namun masih memiliki kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak telur lagi. Perempuan yang paling maju dalam penelitian ini - yang beratnya hanya satu pon (448 gram) dan diukur 4 inci (10 cm) panjang - telah merilis setidaknya 3.800 telur sebelum betina mati, tetapi masih memiliki sekitar 6.500 layak sel telur yang belum matang untuk proses pemijahan dimasa depan, hasil temuan para ilmuwan.

Jika ada rata-rata 100 telur dalam kopling, maka betina ini telah melahirkan setidaknya 38 kali, dan siap untuk bertelur 65 kali lagi. Berdasarkan angka-angka ini, para ilmuwan berpikir tahap dewasa cumi vampir berlangsung hingga mencapai delapan tahun, dan ini jumlah yang lebih lama rentang hidup mereka dari kebanyakan cumi-cumi dan gurita, sementara itu, bertelur hanya sekali dan tidak tinggal lebih dari satu atau dua tahun.

"Jika mereka memang hidup lebih lama, maka penting untuk diketahui," kata Hoving Live Science. "Usia dan umur panjang adalah parameter yang sangat penting untuk memahami bagaimana ekosistem bekerja." Setelah beberapa siklus reproduksi mungkin sesuai dengan gaya hidup lamban ala cumi vampir, Hoving menambahkan. Nama ilmiah untuk spesies, Vampyroteuthis infernalis, diterjemahkan menjadi "cumi vampir dari neraka", tapi perilaku hewan ini tidak semua yang terlihat menakutkan.

Cumi-cumi vampire ini berada dalam perairan dalam dan dingin, perairan gelap dengan kadar oksigen rendah sampai 9.800 kaki (3.000 meter) di bawah permukaan. Mereka memiliki metabolisme rendah dan mereka makan makanan rendah kalori - sebagian besar gumpalan partikel, yang tenggelam dalam air.

"Semuanya menjadi sedikit lebih lambat, jadi ini tidak memungkinkan bagi cumi vampir untuk menempatkan semua energi mereka menjadi satu, seperti acara reproduksi besar," kata Hoving. Studi ini bukan yang pertama untuk mengungkapkan bukti bahwa cumi di laut dalam dapat hidup lebih lama daripada spesies pesisir. Tahun lalu, para ilmuwan mengamati gurita laut dalam di lepas pantai California yang menjaga telurnya selama rekor 53 bulan, yang jauh lebih lama daripada kebanyakan gurita hidup lainnya. Temuan baru diterbitkan hari ini (20 April) dalam jurnal Current Biology. Sekian dan wassalam. Megan Gannon, April 20, 2015 untuk lifesicence.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
22 April 2015 01.38 delete

Excellent, visit www.risetcenter.com

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.