Akun Adsense Buat Teman-Teman

Akun adsense bersama
Header garbagenews.ga

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Rasanya sudah cukup lama saya tidak memposting artikel terbaru di blog ini, ya ada begitu banyak kegiatan saya, jadi sedikit waktu untuk lebih mesra pada si emosianisme ini. Pertemuan kali ini saya akan menceritakan tentang blogging dan adsense beserta proses dan serba-serbinya di sebuah grup special blogger yang bernama Street Cyber.

Jadi problem utama dalam monetisasi blog masih sangat klasik, yakni tentang betapa sulitnya mendapat persetujuan menjadi partner google sebagai publisher periklanan adsense, nah ada banyak kawan-kawan saya di grup tersebut yang mengalami kesulitan mendapat approve adsense hingga akhirnya saya mendapat sebuah ide, yakni akun adsense bersama. Ide tersebut saya lontarkan dan mendapat respon yang baik, maka operasi pun digelar dengan codename "akun adsense bersama". Teman-teman mempercayakan saya untuk pengajuan akun adsense karena Alhamdulillah saya sudah beberapa kali mendapat full approve akun adsense non hosted. Saya sendiri tidak menjamin bahwasannya akan pasti diterima google, namun saya hanya berusaha memenuhi standar approval adsense sepanjang yang saya ketahui dan juga dari pengalaman blogger lainnya.

Setelah pembahasan rencana operasi selesai maka proses yang saya ajukan selanjutnya saya susun sebagai berikut;

1. Hari pertama saya membuat sebuah blog fresh (baru) berbasis blogspot. Tanpa menunda-nunda saya langsung mengisi postingan berbahasa inggris dengan judul post secara acak, baik dari berita tentang alien, ekonomi, politik dan lain-lain sebanyak 5 post saja.

2. Hari kedua saya menambah postingan baru hingga total sebanyak 8 post. Gambar post saya ambil dari google dan saya pasang template NewsBT2 versi dua kolom. Saya lebih menyukai template responsiv sederhana untuk pengajuan adsense, karena sepanjang pengalaman saya dalam approval adsense, template sederhana yang selalu mendapat persetujuan google.

3. Hari ketiga saya bingung! bingung karena saya tidak tahu harus membuat topik blog saya seperti apa, karena isinya campur aduk begitu seperti layaknya sampah. Ya sudah akhirnya saya memasang domain baru nan gratis berbasis dot ga di freenom.com, saya beri nama garbage news, atau jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti "berita sampah" karena isinya memang acakadut seperti tong sampah. Ini dia www.garbagenews.ga.

4. Masih dihari ketiga saya nekat mengajukan pendaftaran adsense dengan biodata pendaftar yakni teman saya sendiri. Kemudian saya langsung mempromosikan blog baru tersebut pada teman-teman di grup. Saya tak khawatir jika domain yang baru beberapa jam dan masih no index saya ajukan ke google akan ditolak. Saya yakin jika rezeki tidak akan lari ;)

5. Hari-hari selanjutnya saya terus menambah postingan dan backlink, dan teman-teman di grup juga membantu sharing baik di G+ maupun difacebook, tak lupa juga mereka membantu menanam backlink dibeberapa web dot edu dan dot gov. Setiap kali saya memposting artikel maka langsung saja saya ping agar segera terindex di mesin-mesin pencari. Saya mendaftarkan blog baru tersebut ke beberapa mesin pencari semisal yahoo search, bing dan yandex. Tak lupa juga saya submit sitemap ke google webmaster dan bing webmaster serta google analytic.

6. Hari kedelapan adsense membalas surat lamaran saya dengan jawaban telak bahwa blog yang saya ajukan tersebut "ditolak" dengan alasan belum memenuhi standar mutu. Maka dihari-hari selanjutnya saya menambah lebih banyak postingan hingga mencapai 40 postingan lebih. Saya dan teman-teman lainnya terus menanam backlink dimana-mana dan melakukan ping, mungkin over seo dari spamming backlink telah menyebabkan beberapa artikel langsung naik ke page one dan page two SERP google dan trafik pun meningkat drastis, tapi hal itu tidak berlaku lama, karena google menghukum blog tersebut dengan pinalti sandbox, jelas! google sangat membenci spamming.

7. Saya mulai pesimis jika blog itu akan diapprove, soalnya berada dalam posisi pinalti, terbukti beberapa artikel tidak ditemukan lagi di SERP (Search Engine Result Page - Hasil Pencarian Di Halaman Mesin Pencari) google, ya sudah saya hapus saja 3 buah artikel yang menurut saya paling kurang bagus dari segi duplikat dan dari segi panjang tulisan artikel, karena google benci artikel yang pendek, apalagi duplikat (saya cek di siteliner.com). Namun saya tetap nekat mengajukan lamaran ke adsense kembali.

8. Ajaib..! beberapa artikel di blog itu bisa bersaing disitus berita-berita besar yang jelas posisi dan usianya jauh diatasnya. Saya memang bermain di long tail keyword yang memiliki banyak pencarian. Saya mulai mengedit keyword di beberapa artikelnya dengan memberi tag huruf bold, huruf garis miring dan underline. Terbukti tehnik tag keyword tersebut mampu merayu google untuk meningkatkan performance blog di SERP.

9. Tepat di hari ke 14 (dua minggu) garbage news di approved oleh google adsense. Horeee akhirnya para streeters punya akun adsense bersama. Walau sebelumnya saya sempat pesimis akan diapprove setelah blog tersebut masuk ke dalam sandbox, tapi ternyata google masih melihat potensi dalam blog baru itu. Sekali lagi pengalaman saya ini mematahkan teori yang mengatakan bahwa adsense hanya merestui web atau blog yang memiliki usia domain diatas 6 bulan. 


Alhamdulillah ya, saya pribadi sudah memiliki akun adsense, dan akun adsense non hosted dari si berita sampah (garbage news) memang saya tujukan khusus buat para teman-teman di grup. Mereka bisa mensubmit blog-blog mereka untuk mendapat penghasilan dari monetisasi blog, tentunya blog yang disubmit harus sesuai dengan kebijakan google. Ya akun tersebut hanya untuk sementara sebelum mereka memiliki akun adsense sendiri. Lagipula ini semacam motivasi untuk meningkatkan kreativitas dalam dunia blogging sembari mencari penghasilan online. Setiap PO (Pay Out) hasil akan dibagi dan ditransfer ke rekening masing-masing sesuai dengan seberapa besar penghasilan blog mereka sendiri. Mereka juga mendapat akses dasbor untuk memonitor jumlah penghasilan, namun saya berencana untuk menggunakan VPN dengan IP khusus agar tidak terjadi akses dasbor secara bersamaan yang beresiko banned.

Point penting disini tidak hanya pada akun adsense semata, namun hal ini diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi antar sesama blogger newbie untuk saling menjaga dan berbagi. Dengan merasa memiliki kebersamaaan, maka level kerjasama dan kepercayaan akan semakin meningkat, dan secara otomatis saling bahu membahu untuk berkembang dan menjadi blogger yang lebih baik dimasa depan (Insha Allah). Sekian dan terimakasih. Wassalam.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
13 April 2015 12.07 delete

Luar biasa niat dan semangatmu bg
semoga ilmunya berkah ...

Jazakumullah kulla khair .. :)

Reply
avatar
17 April 2015 10.22 delete

Nice gan..
tpi g da tips nya ne...??
ne cma motivasi
hehe

Reply
avatar
17 April 2015 21.34 delete

terimakasih buat saudara2 semua atas komentarnya.. untuk tips approval adsense ada saya tulis disini om http://www.emosianisme.ga/2015/03/tips-agar-diapprove-google-adsense.html

Reply
avatar
2 April 2016 08.08 delete

Wah sepertinya saya tertarik juga ikutan gabung di grup yang memanfaatkan non hosted bang ahmad di blog saya karena kebetulan non hosted saya ditolak.
Jika boleh mhn diinfokan caranya ya bang, イєгเ๓คкครเђ

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.