Tips Agar Diapprove Google Adsense

Tips Agar Diapprove Google Adsense
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Di grup Street Cyber yang mana saya menjadi adminnya sering ada pertanyaan tentang bagaimana agar blog bisa diapprove oleh google adsense. Well sebenarnya ada banyak sekali tutorial yang menjelaskan tentang trik yang konon katanya agar direstui oleh paman google untuk menjadi publisher adsense. Saya sendiri belum tahu 100% bagaimana kriteria sebuah blog bisa diterima oleh google, tapi pengalaman saya dimana pernah 4 kali diapprove adsense mungkin saya bisa membantu rekan-rekan sesama blogger yang ingin memonetisasi blog mereka dengan periklanan google adsense.

Saya katakan dengan memenuhi semua standar kriteria adsense maka belum tentu juga sebuah blog akan mendapat approval adsense, namun setidaknya memperbesar kemungkinan agar diapproved. Apalagi jika mendapat approve akun non-hosted yang bisa dipasang dimana saja tentunya akan lebih membuat bersemangat ya kan? oke bro langsung saja kita bahas dibawah ini.

KRITERIA 1. Pastikan anda telah memiliki blog (@_@). Ya iyalah bro, jika mau akun non hosted pastinya anda harus memiliki blog atau web, kecuali anda hanya ingin akun hosted sebangsa youtube saja. Namun untuk memperjelas kriteria pertama ini yang harus anda perhatikan adalah:

1. Membuat postingan seunik mungkin, postingan yang anda buat sendiri dengan panjang kata minimal 2500 kata ( menurut para mastah SEO, artikel SEO adalah yang sepanjang itu ).  Perhatikan tata cara penulisan yang benar dan bersifat fresh serta menarik. Buatlah post sebanyak 40 atau 60 post, postingan yang banyak memang bukan jaminan di approve juga namun setidaknya memperkuat sebuah blog, beberapa orang bahkan di approved adsense hanya dengan 5 post, ada juga yang cuma 12 post saja.

2. Dan usahakan juga postingan didukung oleh gambar yang relevan. Gambar bisa anda copas, tapi perhatikan hak cipta gambar tersebut, dan jangan lupa menyertakan link sumber, atau jika anda ingin gambar gratis lisensi anda cukup mengunjungi link berikut: 

"http://www.google.com/advanced_search" Jangan lupa dibagian bawah tab centang hak penggunaan>bebas dgunakan atau dibagikan, bahkan secara komersial. 

KRITERIA 2. Pasang laman About (tentang), Contact (kontak), Disclaimer dan Privacy Policy. Sebagai contoh anda bisa mengcopas dari blog saya ini tetapi jangan lupa ganti linknya dengan link blog anda sendiri. Kemudian anda buat lagi laman "sitemap" atau peta situs, untuk membuat sitemap anda bisa mengunjungi banyak blog yang menyajikan tutorial tentang cara membuat sitemap blog.

Setelah itu anda bisa melanjutkan petualangan ini dengan meng-submit blog anda ke google webmaster, bing webmaster dan google analytic. Ini berfungsi untuk membantu anda menganalis blog anda secara SEO dan hal-hal penting lainnya.

KRITERIA 3. Hindari postingan yang bersifat hacking, malware, cracking, porno, serial key, pembajakan, rokok, perjudian, teroris, senjata, rasis dan kekerasan. Hindari juga link di blog anda yang mengarah ke situs-situs yang berkaitan dengan hal diatas. Baik berupa link download maupun link rujukan.

Hindari blog anda terkesan seperti web atau blog edukasi, karena bagi google, web yang bersifat edukasi adalah "non-profitable" sehingga akan menyulitkan anda untuk mendapat restu adsense. Walaupun isi blog anda bertujuan edukasi maka sebaiknya anda gunakan metoda penulisan yang bersifat berbagi pengetahuan, berita atau opini bahasan ilmiah. Maksudnya disini adalah anda hindari gaya penulisan yang bersifat skripsi atau makalah ilmiah.

KRITERIA 4. Fokuskan deskripsi blog anda dengan niche atau topik blog. Misalnya anda memiliki blog tentang kesehatan, maka sebaiknya jangan gunakan deskripsi seperti "bahan tulisanku" atau "corat-coret sehari-hari". Tapi fokuskan deskripsi anda seperti "Berita Kesehatan Terbaru" atau "Herbal Dan Klinik Online". Ini akan membantu anda untuk lebih memperkuat jati diri blog anda dimata internet.

Kemudian jangan lupa memberi "alt tag" pada setiap gambar yang anda tampilkan di postingan anda, Misalnya anda menulis artikel tentang cara mengobati panas dalam, dan menyertakan gambar sebuah jeruk nipis, maka pada properties gambar, anda juga mesti menyertakan kata-kata yang relevan dengan isi artijkel anda, misal; "jeruk nipis sebagi obat panas dalam".

KRITERIA 5. Pasang template yang kira-kira memiliki potensi pada peletakan iklan. Anda bisa searching tentang pola peletakan iklan yang baik dan benar, dan tentunya anda juga mesti memasang template yang relevan dengannya. Hindari template yang terlalu banyak warna, karena akan membingungkan visitor, hindari template yang berat, hindari juga pop ad seperti memaksa pengunjung untuk memberi "like" sebelum membuka dan widget-widget aneh lainnya seperti huruf blink-blink yang menyakitkan mata hingga lagu-lagi otomatis.

Pasang "meta tag" di template, isi deskripsi meta tag yang berkaitan dengan blog anda, misalnya blog anda tentang otomotif anda bisa menulis meta tag anda seperti: honda, yamaha, modifikasi, motor balap, dll, namun jangan lebih dari 150 karakter untuk menghindari spamming.

Pasang widget Popular Post, Arsip, Label dan Author . Pola peletakan widget yang baik adalah; Arsip berada pada urutan paling bawah jika anda memakai dua kolom template. Diatas arsip ada Popular post, dan diatasnya lagi pasang Label atau kategori. Jangan lupa pasang widget google Badge atau author g+.

Buat menu navigasi yang memudahkan pengunjung. Jangan terlalu banyak, dan jangan banyak yang kosong. Misalnya' anda memiliki blog dengan topik portal berita, anda bisa memasang menu navigasi seperti: berita regional, internasional, olah raga, budaya dll.

Hindari redirect halaman. Hidupkan form komentar dan lebih baik lagi anda pasang widget sosial media seperti facebook dan twitter. baik berupa link share maupun link Fans Page.

Nah setelah semua kriteria diatas anda penuhi maka tahap selanjutnya adalah mengajukan permohonan untuk menjadi publisher adsense. Pada saat pengajuan pastikan usia anda minimal adalah 18 Tahun. Jika anda belum berusia 18+ anda bisa gunakan identitas orang tua atau saudara anda. Isi formulir pengajuan dengan alamat yang jelas. Dan satu hal lagi selama masa pengajuan ada baiknya anda meningkatkan produktivitas menulis dan mensharingnya ke wall FB anda. Semoga membantu, saya tidak nmenutup kemungkinan jika ada saran yang lebih baik, silahkan anda berkomentar dibawah ini. Terimakasih, semoga anda beruntung. Wassalamualaikum.
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

17 comments

comments
9 Maret 2015 21.16 delete

Makasih pencerahannya bg

Untuk Kriteria 3 : Hindari blog anda terkesan seperti web atau blog edukasi
itu mkasud gmn bg ?

Reply
avatar
10 Maret 2015 20.03 delete

Maksudnya hindari model blog yang bersifat memberi pendidikan secara formal om. seperti banyaknya referensi penulisan, gaya penulisan yang mirip dengan skripsi atau makalah, dan gambar-gambar yang bersifat pendidikan formal.

Reply
avatar
11 Maret 2015 19.52 delete

bener tuh gan navigasi harus lebih mudah untuk pengunjung.

Reply
avatar
13 Maret 2015 13.36 delete

kalau kontent download seperti yang di blog driver ane bang ?

Reply
avatar
21 Maret 2015 16.26 delete

Info yang bermanfaat. Terimakasih

Reply
avatar
22 Maret 2015 01.16 delete

makasih bang infonya... blog ane perlu di rombak habis-habisan lagi ..haha

Reply
avatar
11 April 2015 15.59 delete

review dong om ,, katanya konten tidak memadai http://aladent.blogspot.com

Reply
avatar
2 Mei 2015 13.33 delete

saya punya blog ne gan..udah beberapa kali permohonan saya di tolak
trus setelah berjalan kira2 3 minggu kemudian saya kembali melakukan permohonannya truz sudah 3 hari belom ada balasan gmail nya...
kira-kira itu napa ya...

www.matangmanis.blogspot.com

Reply
avatar
2 Mei 2015 22.24 delete

email balasan dari adsense gak tentu om, kadang cepat kadang lambat, rata2 saya dapat balasan seminggu lamanya

Reply
avatar
3 Mei 2015 22.52 delete

blog saya ini kira2 masuk kriteria nggak bang ?

http://www.arsitekno.com/2015/05/uniknya-jembatan-bawah-air-veluwemeer-belanda.html

Reply
avatar
4 Mei 2015 15.15 delete

menurut saya udah oke tu om

Reply
avatar
10 Juni 2015 19.36 delete

Sudah lama saya coba registrasi google adsense tapi sampai sekarang blum kunjung diapprove juga. padahal antara niche dan artikel tetap isinya relevan.
check out : updatebajumuslim.blogspot.com

Reply
avatar
8 September 2015 12.06 delete

Terimakasih informasinya Bang
ponselgraphy.blogspot.com

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.