Emosianisme Ganti Baju, Akankah CTR Adsense Naik?

meningkatkan CTR adsense
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Setelah berpusing-pusing ria dengan berbagai macam code script blog akhirnya selesai juga blog ini ganti baju, walau belum dipoles oleh sentuhan akhir tapi setidaknya saya sudah lega karena blog ini sudah stand by dan siap tempur kembali.

Sebenarnya gak mudah buat ganti template blog bagi saya, karena ganti tentunya tidak hanya sekedar ganti, sudah dipastikan menu awal akan disusun ulang, belum lagi meta tag verifikasi dan berbagai macam script html mulai dari adsense hingga setingan SEO on page. Tapi kali ini sedikit lebih cepat dari biasanya, hanya memakan waktu sekitar 4 jam.

Well bro, saya sebenarnya gak ada niat untuk merubah template blog ini, selain saya sudah merasa nyaman dengan tampilan semula yang cukup sederhana dan mudah, disisi lain saya paling malas dengan urusan yang namanya ganti template. Tapi template sebelumnya memang harus diganti, kenapa? jawabnya karena template sebelumnya tidak responsive dan CTR adsense kurang bagus.

Terus dengan mengganti template maka CTR akan meningkat gitu? Ya namanya juga usaha bro, tapi setidaknya template sekarang iklan adsense lebih "memprovokasi" dari pada tampilan sebelumnya yang sering diabaikan visitor hehehehe.

Masa sih cuma gara-gara ganti template terus CTR naik..? Saya jawab itu mungkin dan sangat mungkin, banyak riset yang dilakukan oleh orang-orang untuk menentukan posisi iklan terbaik untuk meningkatkan Click Through Rate agar penghasilan adsense meningkat. Saya sendiri sudah membuat riset selama sebulan. Sebelumnya adsense di blog ini sangat kecil CTR nya, hanya berkisar 0.7 hingga 1.7 saja. Kemudian saya membuat blog baru dengan template high CTR dan saya pasang iklan adsense blog ini di blog baru saya tersebut dan efeknya..?? efeknya gila mas bro..! CTR langsung melonjak! paling kecil 30% hingga tembus 166% wkwkwkwkwk, bayangin aja bisa lebih banyak klik daripada Page View, akhirnya bayangan banned pun menghantui saya :3

Kenapa template bisa memprovokasi penampilan iklan? Saya rasa ini hanya masalah psikologi marketing saja. Warna dan posisi jelas mempengaruhi pengunjung dari yang sebelumnya kurang tertarik menjadi bersemangat untuk mengunjungi link-link milik advertiser adsense yang terpajang di blog. Semacam sihir yang bisa mempengaruhi fikiran gitulah hihihiih <-- tertawa licik..!

Saya kurang faham tentang masalah psikologi tampilan iklan, tapi tak ada salahnya riset terus dilakukan demi meningkatkan penghasilan blog adsense.  Ya bagi para publisher adsense pasti sudah tahu bahwa nilai CPC dari blog lokal sangat rendah, jadi cara terbaiknya untuk meningkatkan penghasilan ya dengan memperbanyak pengunjung dan CTR. Apalagi para pengunjung lokal memang sangat malas yang namanya untuk meng-klik iklan, bisa jadi karena mereka sudah bosan setiap harinya disuguhi iklan baik di TV, radio dan sekarang di internet :p

Setelah mengganti baju blog ini saya belum tahu bagaimana track recordnya kedepan, jika masih belum naik ya mungkin itu belum rezeki saya hehehe, mungkin riset yang saya lakukan ini sudah jauh-jauh hari dipelajari oleh para master adsense. Tapi dinamikanya mungkin berbeda, karena perbedaan niche, tehnik SEO dan hal-hal lainnya, yang jelas sesuatu yang belum dicoba maka kita tidak akan tahu bagaimana hasilnya. Coba dan coba lagi, begitulah jalan panjang menuju kesuksesan.

Saya sering memperhatikan beberapa blog master adsense yang sudah memiliki penghasilan puluhan hingga ratusan juta perbulannya. Dan saya mempelajari pola penempatan iklan, setingan warna juga cita rasa dari blog mereka, soalnya dengan penghasilan segitu tinggi pastinya CTR yang bagus mengambil peran serta, jangan sempat seperti blog teman saya yang memiliki visitor ribuan perhari namun CTR selalu berada antara 0.0% hingga 0.4%, keterlaluan sekali bukan? Soalnya dengan visitor sebanyak itu sudah seharusnya penghasilan akan meningkat tapi jika masih stuck diposisi semula tentu ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Tapi setidaknya blog teman saya itu masih lebih baik ketimbang CTR salah satu blog saya yang sudah over dosis hingga pernah menembus 166% wkwkkwkwk.

Okelah mas bro dan mbak sis, cukup sampai disini isi artikel ini, mudah-mudahan juga bisa menambah masukan bagi para publisher adsense yang senasib seperjuangan, jika anda punya ide dan saran jangan ragu untuk berkomentar dibawah ini, karena saya sangat membutuhkan saran dan kritik untuk membangun blog ini kedepan menjadi lebih baik dan menjadi nyaman bagi para pengunjungnya. Akhirul kalam sekian dan terimakasih, wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

comments
9 Februari 2015 10.07 delete

sebenarnya saya blm ngerti tentang CTR, setelah baca postingan jd sedikit ngerti, ditunggu updatenya apakah blog emosianisme ini setelah ganti tamplate ada perubahan CTR nya?
http://hd-hargahandphone.blogspot.com

Reply
avatar
9 Februari 2015 23.35 delete

CTR adalah Click Through Rate, Maksudnya Rasio orang yang meng-klik iklan dari total jumlah pengunjung, biasanya CTR umum adalah 4% dari total visitor om.

Reply
avatar
4 Juni 2016 20.56 delete

Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
Cara Jitu Meningkatkan CPC Google Adsense
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi CPC Google Adsense
Cara Meningkatkan Penghasilan (CPC / CTR) Google Adsense
17 Cara Mengoptimalkan (Meningkatkan) Pendapatan Google Adsense

Barangkali dapat membantu :)

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.