Layaknya Narkoba, Jamur Ini Bisa Membuat Halusinasi

jamur halusinasi
Halo emosi muda,.. Assalamaualaikum. Baru-baru ini ditemukan sebuah jenis jamur yang mengandung zat halusinogen telah tumbuh di taman ratu kerajaan Inggris. What the hell is that..?Penasaran ingin tahu benda apaan itu? Mari kita baca. 

Jenis jamur ini yang disebut juga dalam nama latinnya yakni "Amanita muscaria" adalah jenis jamur yang umumnya dikenal juga sebagai fly agaric atau Fly Amanita ini ditemukan telah tumbuh di dalam taman Istana Buckingham kerajaan Inggris oleh sebuah produsen acara televisi, Associated Press melaporkan hal tersebut baru-baru ini.

Amanita Muscaria adalah jamur berwarna dasar merah dengan bintik-bintik putih cerah, dan hebatnya lagi ini jamur bersifat psikoaktif bila dikonsumsi oleh manusia. Bahaya gak tu?

Penemuan jamur ini di taman ratu kerajaan Inggris bukanlah hal yang biasa, kata Donald Pfister, seorang pakar biologi dari Harvard University yang khusus mempelajari jamur, ia menambahkan bahwa dia tidak tahu secara pasti apakah jenis jamur tersebut adalah memang dari jenis A. muscaria .

Jamur ini yang diketahui sering tumbuh di dekat pepohonan cemara. Dan juga dapat tumbuh di bawah pohon-pohon yang sedang mengalami musim gugur, seperti jenis pohon birch, lanjut Pfister.

Spesies jamur unik ini berasal dari daerah dengan iklim sedang dan juga iklim subarctic di belahan bumi bagian utara, tetapi jamur ini juga telah diperkenalkan ke belahan bumi bagian selatan. [Tales Trippy: The History of 8 Halusinogen]

Jenis jamur ini dianggap beracun bagi manusia, walau demikian zat halusinogen yang ada dalam jamur ini telah digunakan dalam beberapa praktik keagamaan, terutama di daerah Siberia, Timur Rusia. Menurut buku "Halusinogen dan Culture" (Chandler & Sharp, 1976) oleh Peter T. Furst. Zat psikoaktif utama adalah zat senyawa muscimol, yang bertindak meniru sinyal kimia otak GABA, yang menghambat aktivitas neuron dalam otak. Hal ini mengakibatkan semacam perasaan relaksasi atau istilah lainnya "fly" dan otomatis menurunkan tingkat kecemasan.

Beberapa ilmuwan lainnya termasuk Pfister, berpikir jenis jamur ini adalah sebuah inspirasi bagi Santa Claus dan tradisi perayaan Natal lainnya, karena biasanya para dukun di Siberia akan memberikan tas yang berisi jamur halusinasi ini sebagai hadiah pada setiap akhir Desember. Warna jamur merah dan putih kontras ini bisa terlihat seperti hadiah Santa dalam kepercayaan kristen.

Pendapat lainnya, beberapa folklorists bahkan mengklaim bahwa kisah tentang Natal dimana rusa bisa terbang mungkin juga adalah sebuah halusinasi, karena rusa yang juga mengkonsumsi jamur ini yang memang umum ditemukan di Siberia.

Namun juga tidak semua ahli sepakat dengan teori perdukunan ala santa ini. Amanita Muscaria berbeda dari jenis "psilocybin" atau biasa dinamakan jamur ajaib, (seperti Psilocybe Cubensis), yang menghasilkan semacam obat rekreasional terlarang yang bisa menyebabkan ketergantungan seperti narkoba. Jenis itu telah dilarang penggunaanya di Inggris pada bulan Juli 2005 lalu. Namun setelah itu berlalu lantas penjualan jenis jamur A. muscaria mulai meningkat. Demikian menurut Pusat Pemantauan Obat dan Ketergantungan Obat Eropa. Wassalam.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.