Cara Melindungi Blog Anda Dari Hukuman Google

Cara melindungi blog
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum, disiang yang cerah ini saya akan bercerita tentang pengalaman blogging dan suka-dukanya. Saya rasa hal ini perlu saya tulis sebagai bahan berbagi pengalaman, mungkin pengalaman yang akan saya jabarkan dibawah ini sudah merupakan hal yang biasa bagi para master blogger, namun bisa jadi juga akan cukup bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya sendiri misalnya, dan diharapkan bisa menjadi masukan serta tambahan ilmu setidaknya.

Saya memiliki beberapa blog saya yang saya kelola, dan hanya blog ini salah satu dari dua blog yang berbahasa indonesia, selebihnya didominasi oleh blog berbahasa inggris, melalui blog-blog itu juga saya menjadikan sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang online tentunya. Mungkin penghasilan blog saya tidak setinggi teman-teman blogger lain yang sudah mencapai puluhan atau ratusan juta, saya pribadi masih mendapat penghasilan yang sangat kecil dari program periklanan google adsense.

Nah beberapa hari ini dua blog berbahasa inggris andalan saya mengalami kejatuhan trafik besar-besaran. Ya,. yang biasanya trafik perharinya kedua blog itu mencapai ratusan tapi sudah seminggu ini turun drastis menjadi hanya puluhan pageview saja. Jujur hal tersebut membuat saya jadi geregetan sendiri, karena hal itu tentu saja berimbas kepada penghasilan adsense. Dengan turunnya trafik maka secara otomatis turun juga penghasilan dari blog, karena apalah arti sebuah web jika tanpa pengunjung?

Setelah saya cek dan ricek ternyata kedua blog saya itu terkena jebakan SANDBOX. Nah apa itu sandbox? berikut akan saya jelaskan sepanjang yang saya ketahui. Sandbox adalah salah satu fitur algoritma mesin pencari google yang berfungsi menghukum web atau blog yang dianggap melakukan pelanggaran, hukuman ini bisa berupa turunnya posisi artikel blog atau web yang biasa berada di halaman google tertentu hingga jauh ke posisi dibelakang, bahkan tidak ditemukan via mesin pencari, namun sandbox tidak bermaksud de-index alias dihapus total dari database google. Nah hukuman sandbox juga sangat bervariasi, bisa jadi hanya beberapa artikel yang terkena sandbox, bisa jadi juga secara keseluruhan dan persentase sandbox juga sangat bervariasi. Hingga saat ini belum ada yang tahu kapan pastinya suatu blog atau web yang melakukan pelanggaran akan keluar dari perangkap sandbox, bisa jadi hanya dalam hitungan jam atau bahkan bertahun-tahun tergantung persentase besar kesalahan yang dilakukan, karena fitur sandbox setahu saya berjalan dalam dua tipe, yakni tipe otomatis mesin robot google dan cara manual oleh karyawan google, so berikut akan saya jelaskan apa dan mengapa suatu web atau blog terkena sandbox yang sangat menjengkelkan ini. 

Sebab - sebab terkena sandbox dan solusinya;

1. Domain Baru Yang Kurang Disukai Google.
Google memberikan aturan kepada domain-domain baru untuk dimasukkan kedalam sandbox selama 6 bulan pertama, isu ini saya dapat dari wikihow, jelas ini sangat tidak adil karena web atau blog jelas bergantung pada mesin pencari untuk mendapatkan trafik.
SOLUSI: Ganti nama domain dengan domain expired milik orang lain yang sudah tidak terpakai lagi, sebelum membeli domain tua minimal berusia 2 tahun, pastikan domain tersebut tidak dalam hukuman de-index google.

2. Terlalu Agresif Memasang Backlink
Backlink memang diperlukan untuk memperkuat posisi web atau blog dalam mesin pencari google, namun jika dalam sehari anda memasang ribuan backlink sekaligus maka ini berarti anda meminta kepada google untuk memasukkan blog anda kedalam sandbox. Jelas google ingin sebuah aktivitas yang normal, memasang ribuan backlink dalam tempo singkat merupakan spamming bagi google.
SOLUSI: Hentikan sementara waktu aktivitas memasang backlink sesegera mungkin.

3. Black SEO Tehnik
Tehnik curang SEO ini memang sangat cepat untuk bisa mendapatkan visitor yang banyak dalam tempo singkat namun juga sangat dibenci oleh google, seperti membanjiri artikel dengan ribuan hidden keyword, pembelokan trafik versi AGC hingga manipulasi Page Rank dan berjubel tehnik hitam jaringan lainnya. Jika kedapatan oleh google maka resiko sandbox dan de-index pun akan segera tiba.
SOLUSI: Hentikan semua aktivitas Black SEO dan mulai beralih kepada tehnik murni SEO

4. Manipulasi Trafik
Ada banyak cara ilegal yang dilakukan orang untuk mendapatkan visitor sebanyak mungkin dan yang paling umum adalah Traffic Exchange dan penggunaan tool fake visitor sejenis jingling buatan china. Memang harus saya akui kedua cara tersebut sangat efektiv, bayangkan saja jika dalam sehari anda mendapatkan 50.000 visitor, sementara iklan CPM anda dibayar 5 dollar perseribu tayangan tentu dengan visitor begitu banyak hasilnya perhari akan sangat luar biasa, namun jelas aktivitas curang itu berakibat fatal, bagi publisher adsense maka sudah bisa dipastikan akun anda akan segera dibanned dan web anda akan segera dilempar ke dalam sandbox bahkan de-index. Namun sayangnya terkadang ada beberapa orang iseng yang sengaja memakai tool tersebut untuk menjatuhkan web atau blog milik orang lain, yang berakibat jatuhnya posisi blog tersebut dari mesin pencari google, saya tidak mengerti kenapa ada orang yang mampu berbuat dengki seperti itu, biarlah Tuhan yang akan membalas.
SOLUSI: Hentikan penggunaan tool dan web untuk memanipulasi trafik

5. Plagiat Atau Duplikat Konten
Sepertinya hal ini sudah menjadi masalah umum yang dialami oleh para blogger, tapi kabar baiknya google secara otomatis sudah mampu mendeteksi konten duplikat dan secara otomatis pula google akan meletakkan jauh keposisi dibelakang bagi blog duplikat sebagai hukuman sandbox bagi web atau blog yang melakukan plagiat. Anda bisa lihat contohnya dulu ada sebuah blog yang isinya dominan duplikat dengan id terselubung dot blogspot dot com, bahkan akhirnya google pun menghapus blog tersebut dari peredaran.
SOLUSI: Menulislah dengan benar sesuai ide dan kemampuan anda, hindari pencurian konten milik orang. Seburuk apapun itu jika merupakan karya sendiri tetaplah sebuah karya yang unik pastinya.

6. Konten Mengandung Malware Dan File Berbahaya Lainnya
Banyak blogger pemula sering kurang mengetahui tentang hal ini, misalnya mereka meng-copy suatu gambar dan meletakkan gambarnya didalam blog mereka, sementara gambar tersebut mengandung malware, bisa jadi berupa virus, trojan, worm dan sejenisnya, ada juga yang memasang link download atau link rincian dimana link tersebut mengarahkan visitor pada web yang mengandung malware pula, jelas hal tersebut membuat suatu web akan dihukum sandbox.
SOLUSI: Teliti sebelum memasang link didalam postingan anda.

7. Artikel Post Terlalu Pendek.
Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang yang satu ini.
SOLUSI: Kreativlah, dan tulislah sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca, selain blog anda bisa menjadi penghasilan namun disisi lain anda bisa menyebarkan pesan-pesan positif bagi pembaca yang tentunya merupakan amal bagi anda.

8. Terlalu Banyak Meng-update Postingan Secara Bersamaan.
Adalah suatu hal yang bagus jika anda menulis dan banyak berkarya, namun jika anda memposting ratusan artikel dalam waktu singkat jelas anda sedang menyalakan alarm spamming milik google, efeknya blog anda akan terlempar kedalam sandbox.
SOLUSI: 10 postingan perhari cukup efektiv untuk mendongkrak posisi blog anda tanpa harus berlebihan.

SOLUSI FINAL: Jika blog anda ingin keluar dari hukuman sandbox google secepatnya adalah, jika hanya beberapa artikel yang terkena hukuman sandbox, maka segeralah mengganti judul artikel dan memperbaharui artikel tersebut dan kemudian memasang sitemap baru dan meng-submit kembali sitemap anda ke google webmaster. Namun jika blog anda terkena google sandbox secara keseluruhan maka solusi terbaiknya hanyalah dengan mengganti domain atau subdomain anda, karena yang tercatat dalam sandbox google pastinya domain lama anda dan bukan domain baru anda, tapi efek buruk mengganti domain adalah tentunya anda harus kehilangan backlink yang telah lama anda bangun di domain lama anda, jadi usahakan carilah domain expired yang sudah memiliki backlink yang kuat dan pastinya relevan dengan konten anda. Dan pesan terakhir saya adalah jangan lupa juga anda meminta kepada Allah sebagai Tuhan penguasa alam semesta agar setiap langkah anda mendapat ridha dan perlindunganNya. Semoga bermanfaat.
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
21 September 2015 21.33 delete

イєгเ๓คкครเђ infonya bang, bisa banyak belajar dari sini

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.