Semua Manusia Akan Mengambang Pada 4 Januari 2015?

hoax planet align
Image via BringingBackAwesome.com
Halo emosi muda.. Assalamualaikum. Sebuah isu yang mengatakan bahwa berat tubuh kita semua akan berkurang dan bahkan mengalami sensasi mengambang diudara karena kesejajaran planet pada 4 Januari 2015 (#zeroday) adalah sepenuhnya bullshit. Masih percaya isu tersebut..? planet tidak akan menyelaraskan gaya gravitasinya, ingin lebih jelas? Silahkan baca berikut ini.  

Masihkah anda ingat ketika rumor akan terjadi sekitar 3 atau 6 hari kegelapan total pada bulan Desember 2012 dulu? setelah isu gila itu mereda dan tidak terbukti kebenarannya kali ini ada sebuah rumor gila yang lain telah dimulai, yakni kita semua akan mengambang di saat seluruh planet sejajar. Apakah akan ada kesejajaran planet pada tanggal 4 Januari 2015? Dan apa yang akan menyebabkan "penurunan gravitasi," menyebabkan bobot badan kita semua menjadi kurang atau bahkan "mengambang?" Saya bilang sekali lagi itu cuma isu, tentu saja hal itu tidak akan terjadi. Ayo, guys. Berfikirlah.

Setiap hoax berasal dari sebuah tempat, dan ini adalah simulasi peragaan lelucon dari Sir Patrick Moore April Mop tanggal 1 April 1976, yang dapat Anda temukan dalam versi yang telah mengalami sedikit perubahan pada tulisannya disini.

"Telah diungkapkan oleh seorang astronom Inggris Patrick Moore, pada pagi hari 4 Juli 2014, sebuah kejadian astronomi yang luar biasa akan terjadi. Tepat pada jam 09:47, planet Pluto akan lewat tepat di belakang Jupiter, dalam kaitannya dengan bumi. Keselarasan langka ini akan berarti bahwa gaya gravitasi gabungan dari dua planet akan mengerahkan daya tarik pasang surut yang lebih kuat, sementara efek sebaliknya terjadi pada gravitasi bumi sendiri dan membuat bobot tubuh manusia menjadi lebih ringan. Moore menyebut ini Jovian-plutonian dgn
efek kedalaman gravitasi. Moore mengatakan kepada para ilmuwan bahwa mereka bisa mengalami fenomena dengan melompat di udara pada saat yang tepat keselarasan terjadi. Jika mereka melakukannya, ia berjanji, mereka akan mengalami sensasi mengambang yang aneh"

Wow..? Setelah ternyata hoax isu mengambang tahun 2014 tidak terjadi, maka lantas digeser ke tahun 2015? Oke, mari kita mengabaikan fakta bahwa Sir Patrick Moore yang meninggal pada tahun 2012. Jadi jelas dia tidak memprediksi apa-apapun, faham..?.
 
Apakah realitas situasi benar seperti itu? Pluto tidak akan lewat di belakang Jupiter. Bahkan jika hal itu terjadi? So what? Misal Gravitasi Pluto ditambahkan ke Jupiter dan hasilnya menyebabkan Nol gravitasi? sehingga manusia tidak lagi merasakan berat badan dan otomatis memiliki kemampuan mengambang. Anda akan menemukan berita tentang hal hoax selanjutnya di sini.

Sebenarnya, tipuan Moore memiliki akar motif lebih awal dalam rumor yang kemudian dikenal sebagai "The Jupiter Effect: dari sebuah buku laris karya John Gribbin dan Stephen Plagemann, diterbitkan pada tahun 1974. Itu semua adalah bentuk kemarahan fiksi di antara isu-isu heboh rumor-mongers di tahun 1970 (tentu saja tidak ada internet itu saat itu, sehingga rumor itu cepat menyebar seperti yang mereka lakukan saat ini). Bahkan sebuah isu lainnya seperti diperkirakan bahwa kesejajaran planet pada 10 Maret 1982 akan menciptakan bencana, termasuk gempa bumi besar di San Andreas Fault. Hal ini tentu saja tidak pernah terjadi.

By the way emosi muda, 4 Januari 2015 adalah hari ulang tahun seorang ilmuwan ternama lain, Sir Isaac Newton (lahir 4 Januari 1643). Dialah yang menulis tentang apa yang disebut Hukum Gravitasi Universal. Artinya, Newton menyadari bahwa kekuatan gravitasi (yang menyebabkan sebuah apel jatuh dari pohon ke tanah) jauh melampaui dari permukaan bumi itu sendiri, setinggi bulan, misalnya. Dia kemudian menggoreskan pena di atas kertas dan membuat deskripsi matematis tentang bagaimana gravitasi bumi akan mempengaruhi gerak bulan dan orbitnya, sehingga meletakkan dasar teori untuk seumur hidup karya ilmiah yang membuatnya menjadi salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa.

Planet kadang-kadang memang muncul dan terlihat di langit dan bisa terlihat dari Bumi. Misalnya adalah Merkurius, Venus, dan Jupiter terlihat pada 27 Mei 2013. Namun, planet-planet di tata surya kita (terutama sikerdil Pluto, sayangnya tidak diakui lagi sebagai planet) Orbitnya yang sedikit agak berbeda dan ini menyebabkan planet tersebut tidak akan pernah sejajar dengan planet lainnya, dalam arti membuat garis lurus dalam satu ruang. Itu tidak akan terjadi.

Intinya: Sebagai orang nusantara yang umumnya malas membaca tentang sains so kita seharusnya tidak harus membahas hal ini, tetapi, karena berita palsu begitu cepat menyebar tentang berat badan kita semua akan terasa kurang dan bahkan "mengalami sensasi mengambang" karena kesejajaran planet pada 4 Januari 2015 (alias Zeroday) sepenuhnya adalah HOAX. Catat itu! Wassalam.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
26 Desember 2014 22.10 delete

Mudah-mudahan tidak terjadi.. hehheh..

Reply
avatar
26 Desember 2014 23.14 delete

Insha Allah memang gak kan terjadi om hehehe

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.