Nasehat Gila Untuk Para Publisher Adsense Newbie

blogger gila
Halo emosi muda.. Assalamualaikum. Ada begitu banyak rahasia di google adsense, sebagai sesama newbie di program google adsense tentunya kita banyak mendengar trik ini dan itu bertaburan di blog-blog lokal ataupun blog luar, tapi tetap saja semua trik itu tak menjamin suatu blog anda akan segera terangkat dan menghasilkan penghasilan yang tinggi. Saya pribadi tidak menafikan jika beberapa trik akan bekerja maksimal, namun pengalaman saya dan beberapa blogger lainnya memberi tahu saya bahwa ada begitu banyak trik hanya memberikan sedikit efek. So dibawah ini beberapa penjelasan tentang nasihat yang ehhmm... menurut saya cukup gila bagi para newbie publisher adsense. Apa saja itu? mari kita baca.

Mitos ( katanya-katanya )
Riset Keyword begini begitu, setahu saya jangankan kita para publisher google adsense, konon para advertiser pun tidak mengetahui berapa pastinya nilai CPC dari sebuah iklan. Dengar-dengar sih katanya dipengaruhi oleh beberapa faktor semisal persaingan keyword dan waktu visitnya, dan yang pasti asal visitor. Suatu contoh saya pernah meriset satu keyword di blog dengan niche automotive, keyword SUV Car memiliki nilai CPC yang cukup tinggi berkisar 32 dollar bahkan lebih, tapi anda jangan salah faham dulu! Kadang-kadang kenapa tidak sesuai harapan? kata para master sih walau nilai CPC tinggi tapi jika pageview rendah ya sama aja, palingan dari target 30 dolar keatas eh malah cuma dapet 4 atau 5 dolar perklik, itupun dah lumayan amat ketimbang cuma 0.01 dollar? ya kan?

Bukan Master Adsense Bila Belum Pernah Kena Banned
Ya.. seperti yang saya tulis diatas, katanya harus melalui beberapa banned baru jadi master hiihihi. Masalahnya kalo udah dibanned emang gampang bisa di approved lagi? mikir..!!! oleh sebab alasan itu para blogger pun berlomba-lomba membuat akun adsense cadangan, akhirnya karena terlalu banyak akun adsense berakibat menjadi rumitnya pengelolaan periklanan google dan ujung-ujungnya penghasilan tetap belum maksimal. Terus, apa maunya google?

Bila anda mau memperhatikan, coba anda tidak memposting satu post pun dalam seminggu, apa yang terjadi? jelas trafik akan menurun. Bagaimana dengan sebulan? akan jauh lebih menurun, ini pengalaman saya dalam melakukan riset sendiri, Pointnya google memaksa anda untuk tetap rajin memposting! kenapa? karena secara tidak langsung google memberitahu anda bahwa semua ini adalah bisnis! dan itu harga mati.

Apa anda berfikir dengan banyaknya post dan kemudian berhenti beraktivitas lantas anda akan mendapatkan trafik yang banyak dan stabil? O..o, tidak kawan! dimana-mana saya baca kisah blogger sukses mereka selalu rajin memposting, dan rata2 mereka yang sukses memposting diatas 20 artikel setiap hari. Bahkan rajanya publisher adsense huftingtonpost.com yang konon berpenghasilan 8 milyar setiap bulannya mesti mengontrak 60 penulis sekaligus yang bekerja untuk menulis artikel setiap harinya, gila gak tu? hehehhe,. seperti yang saya ceritakan di post sebelumnya tentang blog sederhana miliknya ms. linda ikeji yang berpenghasilan seratus juta lebih perbulan itu dihasilkan oleh kerja keras memposting 25 artikel setiap harinya, dan dia melakukannya seorang diri. Jumlah postingan jelas mempengaruhi jumlah visitor, anda bisa cek di statistik blog anda, tapi tidak berarti anda melakukan spamming yang berakibat blog anda kena tendang google. Selain jumlah postingan, kualitas dan panjang artikel juga akan sangat mempengaruhi, topik yang sama dengan panjang artikel yang berbeda maka google akan lebih memprioritaskan sebuah artikel yang memiliki bahasan lebih panjang, camkan itu!

Okelah jika anda memiliki web besar dan ternama yang sudah dikenal dimana-mana, mungkin anda tidak begitu terpaku lagi dengan kegiatan rutin menulis karena anda sudah memiliki pengunjung tetap, tapi turunnya kegiatan menulis anda tetap dipantau oleh google dan sedikit demi sedikit percayalah posisi anda di SERP juga akan menurun. Ingat sebagai publisher google anda berada dibawah tekanan sekalipun anda seorang freelancer. Lantas itu semua tidak harus berarti anda berada dibawah telapak kaki google!

Indonesiawi, kerja sedikit mengharap untung melimpah
Ini lumrah sekali terjadi, karena sudah menjadi barang yang umum jika seorang blogger terburu-buru mengajukan sebuah akun adsense sementara isi blog masih sangat sedikit bahkan terkesan asal-asalan. Dan karena terlalu besar impian berhujung pada kekecewaan yang besar pula, saya selalu menyebutnya " reaksi yang sama kuat dari sebuah aksi ".  Kurangnya melakukan riset, malas googling dan mengandalkan keajaiban, wow non sense bro! tak ada hal yang mudah jika berharap sesuatu yang besar. Mau sukses anda harus dan harus berusaha kerja keras dan kerja pintar. Please bro jangan berfikir bahwa tiba-tiba ada karyawan google yang baik hati yang memberikan anda posisi tinggi di SERP secara ajaib, atau berangan-angan ada orang gila yang memesan memasang banner di blog anda dengan nilai ratusan juta, stop berfikir yang begituan bro. Jalani saja dan nikmati disetiap prosesnya, anggap saja anda sedang menikmati malam pertama hahaha lol.

Membodohi Google ( google cuma mesin )
Bermacam cara dilakukan untuk mendapatkan penghasilan besar, dan berbagai tehnik untuk mencurangi googlepun berserak di dimana-mana. Mulai dari black hat SEO, membanjiri keyword, mengontrak para clicker dari india hingga tool trojan clicker yang nyaris tak terdeteksi oleh google. Jujur saya akui bahwasannya memang sangat mungkin ada sebuah cara efektiv untuk membodohi google, tapi saya pribadi tidak merekomendasikan cara seperti itu, bermainlah jujur. Ingat rezeki anda sudah diatur oleh Allah. Biarkan Dia yang bekerja sesuai caranya, anda hanya diminta untuk tetap berdoa dan berusaha. Jangan berfikir untuk sukses cara cepat, saya selalu percaya kesuksesan akan akan datang sendirinya seiring anda menjadi diri anda sendiri yang unik dan konsisten. Memang benar google hanyalah sebuah mesin, dan kemampuan otak jauh lebih hebat dibandingkan mesin, masalahnya anda juga harus menyadari bahwa ada banyak otak-otak manusia professional dibalik mesin google dan mereka tidak sebodoh yang anda bayangkan, oke hari ini bisalah anda sukses membodohi google tapi apa selamanya google bodoh? ooh tidak.. google akan selalu memperbaharui algoritmanya dan belajar dari kebodohan-kebodohannya dimasa lalu, oleh karena itu belajarlah untuk bertindak professional, bukan bermaksud anda harus menuruti semua keinginan google, tapi menjadikannya sebagai partner anda berbisnis, oke?

Banyak bertanya pada master
Hello bro...! bertanya kepada seorang master adsense, anda hanya menghabiskan waktu dan hanya akan mendapat jawaban yang memang sudah umum ditemukan di google! hanya itu itu saja, maklumi saja karena mereka sangat sibuk dengan segala kepadatan jadwal dan banjirnya pertanyaan, dan kalaupun mereka menemukan suatu rahasia efektiv maka percayalah mereka akan lebih baik mati daripada mendapat persaingan di trik jitunya kecuali anda membayar mereka dengan beberapa lembar rupiah yang bisa menyenangkan hati mereka, itupun dijamin gak semua trik yang akan dibaginya kepada anda. Ingat bro..! ini indonesia. Baiknya anda melakukan riset sendiri dan gunakan alat tempur tercanggih ciptaan Tuhan yang berada didalam tempurung kepala anda, maksimalkan itu dan jangan lupa faktor terbesar dari segi lahiriah akan sebuah kesuksesan adalah ISTIQOMAH. Tak perduli seberapa bodohnya orang menganggap anda tapi jika suatu hal terus menerus anda lakukan dengan sabar maka yakinlah hasilnya akan anda tuai cepat atau lambat. Point disini, jangan mengandalkan bantuan orang lain tapi yakin pada diri anda sendiri, cukup dengan mengandalkan pengalaman orang lain untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Stres dan mencari perhatian
Ini juga masih sangat indonesiawi, kenapa saya bilang begitu? karena saya sangat banyak menemukan para blogger yang stres dan panik karena penghasilan down atau malah sangat klasik karena adsense tidak pernah diapproved. Coba anda fikir..! dengan luasnya bumi ciptaan Allah ini dimana disetiap makhluk sudah terjamin rezekinya kemudian anda stres? wajar sih.. kadang-kadang saya juga gitu hiihihi. Tapi coba kita open mind, biasanya faktor penyebab stres itu sendiri bukan berasal dari keadaan tapi justru berasal dari keinginan, lantaran memaksakan diri pada sesuatu dan lantas menutup diri dari jutaan potensi lainnya? hello..? anda cuma hidup sekali dan mati sekali, alangkah ruginya setiap detik yang habis lantaran stres memenuhi puncak kepala. Hadapi..! ya hadapi layaknya banci..! eeits salah, maksudnya hadapi layaknya seorang lelaki sejati.

Ya begitulah bro isi artikel saya pada kesempatan kali ini, jujur ya,.. saya saja sebenarnya bingung tentang apa yang saya tulis ini tapi kan setidaknya sudah menambah satu postingan di blog ini diantara banyak blog lainnya haahhahaha. Tapi saya berharap tulisan ini mampu mengajak kita semua untuk berfikir dan beraksi, mungkin argumen saya diatas banyak salahnya, harap anda luruskan jika memang banyak gak jelasnya ya. Sekian dan terimakasih. Wassalam.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

comments
Mamad
12 Februari 2015 00.09 delete

Gue paling setuju sama pemikiran diatas. Jarang sekali menemukan artikel seperti ini. Bahasanya sangat jujur

Reply
avatar
17 Februari 2015 09.19 delete

Terimakasih om buat komentarnya, saya hanya mengungkapkan apa yang saya dan kawan-kawan publisher alami, jujur soalnya saya rasa gemes dengan banyaknya trik2 yang dijual dalam e-book yang kebanyakan isinya hanya pembohongan belaka.

Reply
avatar
18 Februari 2015 16.50 delete

Wkwkwk..saya mungkin salah satu adsenser galau yang kena tabok oleh artikel ini ha ha ha.. tapi saya harus akui bahwa apa yang ditulis di posting ini sangat jujur dan realita! Kuncinya adalah kerja keras. Man jadda wajada.

Reply
avatar
18 Februari 2015 18.55 delete

terimakasih sudah berkunjung om, adsenser galau sudah biasa om, saya juga galau wkwkkw.. dan 95% adsenser memang galau, karena itu ide galau kayaknya cukup bagus buat diangkat jadi niche blog baru :v

Reply
avatar
18 Februari 2015 22.33 delete

Para adsenser tuh pasti selalu nyari nyari apakah ada teman lain yang mengalami nasib menyedihkan yang sama..mulai dari gak dapat klik..dapat klik 0.01 bahkan $0 .. sampai yang kena banned dan yang daftar bolak balik tapi gak kunjung approved wkwkwk.. terus diposting ya om saleh..dijamin visitor berdatangan.. wkwkwk.. nih saya tambahi sisipan keyword : cpc adsense anjlok 0.01. Bingung caranya meningkatkan cpc. Daftar adsense gagal melulu. :D ... wwkkkwkwk.. selamat ngeblog om..

Reply
avatar
19 Februari 2015 00.29 delete

wah rame om,, rata2 ngeluh cpc ancur, malah sohib ane udah setahun masih mandeg di 2.4 dollar .. menyedihkan, kalo ane c keselnya kena sandbox dan CTR yg cuma 0.2%,, pas lagi kumat sintingnya CTR ane pernah nembus 166%..bayangin aja lebih banyak klik daripada PV..khawatir dibanned om :(

Reply
avatar
12 September 2015 22.44 delete

secara keseluruhan, saya 100% setuju. lanjutkan mas.
para blogger Newbie butuh sosok seperti mas Ahmad (y)

Reply
avatar
15 September 2015 14.43 delete

Makasih buat komentarnya wak :v

Reply
avatar
1 Oktober 2015 23.57 delete

postingan yang keren sob, tapi kalau dipikir2 adverstaiment itu bukan hanya GA aja, banyak tuh yang lainnya. dan masalah SEO saya rasa itu hanya masalah klasik yang tak akan pernah selesai,,

saya setuju dengan isi postingan ini yang mengatakan kalau mau dapat trafik harus rajin posting,, secara logika "gemana ada yang berkunjung kalau postingan cuma 20 biji di dalam blog" :3

Reply
avatar
3 Oktober 2015 01.15 delete

Nah itu dia om, saya harap tulisan saya ini bisa membuka fikiran para blogger yang panik karena harapan tidak sesuai kenyataan, yang penting tetap ngeblog, dan semangat dalam berbagi.

Reply
avatar
3 Oktober 2015 01.16 delete

Nah itu dia om, saya harap tulisan saya ini bisa membuka fikiran para blogger yang panik karena harapan tidak sesuai kenyataan, yang penting tetap ngeblog, dan semangat dalam berbagi.

Reply
avatar
22 Oktober 2017 05.34 delete

Saya bingung mau komentar apa om x-)

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.