Medan Magnet Bumi akan Berbalik

magnet bumi
Terbaliknya medan magnet bumi bisa terjadi dalam waktu beberapa ribu tahun. Untuk beberapa waktu sekarang telah ada tanda-tanda bahwa medan magnet planet kita sedang mempersiapkan diri untuk menjalani pembalikan medan magnet secara lengkap, perubahan yang terlihat dimana Kutub Utara pindah ke Antartika dan Kutub Selatan pindah ke Kutub Utara. 

Sementara pembalikan medan magnet telah terjadi secara teratur sepanjang sejarah bumi, yang berikutnya akan menjadi yang pertama untuk mengambil tempat di setelah hampir 800.000 tahun. Para ilmuwan percaya bahwa siklus ini akan didahului oleh melemahnya medan magnet, sesuatu yang pengukuran sains terbaru mengindikasikan kini hal itu benar-benar terjadi. Tidak ada mengatakan namun kapan tepatnya pembalikan itu sendiri akan berlangsung sehingga mungkin masih tidak terjadi selama beberapa ribu tahun. 

"Kami tidak benar-benar tahu apakah pembalikan berikutnya akan menyerupai yang terakhir, sehingga tidak mungkin untuk mengatakan apakah kita hanya melihat yang pertama atau mungkin dari beberapa gerakan kecil, atau pembalikan sebenarnya," kata Paul Renne , direktur Geochronology Center di University of California.

Ketika itu tidak terjadi namun ilmuwan percaya bahwa, jauh dari berlangsungnya beberapa ribu tahun, kutub magnet membalik sebenarnya hanya akan memakan waktu sekitar 100 tahun untuk menyelesaikannya.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.