Bencana besar menguntit Jepang

lava

Sebuah studi baru memperingatkan bahwa seluruh penduduk Jepang mungkin menghadapi risiko terburuk dari letusan gunung berapi besar.

Penemuan mengejutkan ini didasarkan pada karya ilmuwan di Universitas Kobe yang telah mempelajari kawah gunung berapi besar di pulau Kyushu yang diperkirakan telah meletus sedikitnya pernah tujuh kali dalam kurang lebih 120.000 tahun terakhir.

Jika meletus lagi sekarang maka hasilnya akan menjadi bencana besar dengan potensi untuk mengubur seluruhnya, persentase besar tanah di batuan cair dan sisanya dalam ton abu dan debu. 

Tidak semua kemungkinan itu merupakan berita buruk dalam persentasenya, namun sebagai ilmuwan telah menghitung bahwa kemungkinan hal ini terjadi dalam 100 tahun ke depan hanya satu persen. Meskipun demikian, pada tahun 1995 gempa bumi Kobe dengan kekuatan 7,2 skala Richter, yang akhirnya menewaskan 6.400 orang, juga pernah dihitung ilmuwan dan hanya memiliki kemungkinan satu persen terjadi. Namun siapa sangka justru kemungkinan kecil tersebut malah benar-benar terjadi.

Berita itu dikuti letusan tak terduga baru-baru ini Gunung Ontake di Jepang tengah yang menewaskan 51 orang dalam apa yang dianggap sebagai bencana gunung berapi terburuk di negara itu selama 90 tahun.

Baca Juga; Danau Besar Afrika Akan Meletus Lagi
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.