Komputer jadul Apple 1 Terjual Rp. 10 M

apple jadul
Motherboard Apple One buatan Steve Job
Sebuah komputer Apple yang dibuat di garasi Steve Jobs 'pada musim panas 1976 yang deberi nama " Apple One " di lelang minggu ini dan memecahkan rekor terjual sebesar; $ 905,000 atau mencapai kurang lebih 10 Milyar Rupiah. 

Dari sekian banyak komputer yang dibuat Steve Job kala itu hanya 15 yang berfungsi penuh dari tipe komputer Apple 1 yang ada. Tingginya harga - hampir dua kali lipat nilai estimasi awal, membuat hal ini khususnya Apple 1 model peninggalan komputer yang paling berharga di dunia dan komputer Apple yang paling mahal yang pernah dijual, menurut Bonhams Auction House, yang menangani penjualan kemarin (22 Oktober) di New York. 

Apple 1 yang merupakan artefak sekarang menjadi milik Ford Museum Henry di Dearborn, Michigan. Seorang wakil dari museum dari pihak yang menawar namun tidak hadir di di acara pelelangan langsung, tetapi menggunakan system online untuk menempatkan tawaran lelang dan berhasil mendapatkan komputer tersebut.

Komputer tersebut masih memiliki keyboard yang asli, power supply dan monitor. Seorang ahli bersertifikat Apple-1 Corey Cohen mengatakan bahwa model aplle one dalam kondisi kerja yang sangat baik dan diperlukan beberapa suku cadang. Dijual seharga $ 387.750 selama lelang yang diselenggarakan oleh Christie pada tahun 2013.

Apple-1 model adalah komputer pribadi pertama pra-rakitan yang pernah dijual. Pada Januari 2014, ada 63 sisa Apple 1 model, tetapi pada tahun 2000, hanya 15 buah saja yang masih dalam kondisi baik. Ini adalah model batch 50 komputer tangan yang dibangun oleh Apple pendiri Steve Wozniak pada tahun 1976, ketika Apple hanya sebuah perusahaan baru yang berbasis di sebuah garasi di Los Altos, California. Dan dijual bersama dengan rekaman pidato yang disampaikan oleh Wozniak pada Konferensi Applevention pada tahun 1980.

Komputer itu dijual sebagai bagian dari sejarah lelang ilmu. Bersamaan dengan pelelangan tersebut juga dijual beberapa benda bersejarah lainnya seperti surat dari Charles Darwin membahas rincian seks teritip terjual seharga $ 25.000, salinan Darwin "The Origin of Species" terjual seharga $ 40.000, koleksi catatan dan buku-buku dari astronom Johannes Kepler dijual untuk $ 52.500, dan satu keyboard listrik pertama di dunia yang dijual seharga $ 20.000.
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.