Cara mengetahui seseorang berbohong atau jujur


Cara mengetahui seseorang berbohong atau jujur
Bagaimana mengetahui apakah seseorang berbohong kepada anda? Misalkan anda pergi ke seorang teman Anda dengan senyum di wajah anda dan kemudian mengatakan kepadanya bahwa anda sedang sedih, akankah ia percaya padamu?

Tidak, dia tidak akan pernah percaya anda karena dia bisa melihat senyum di wajah anda. Dengan kata lain ia melihat inkonsistensi antara kata-kata dan ekspresi wajah anda. Ini akan tampak berbeda jika sebuah senyuman terasa dipaksakan.

Anda mungkin berpikir bahwa ada yang tersenyum saat dia sedih dan anda benar tentang hal itu tapi hal ini tidak berbicara tentang inkonsistensi kesadaran; tetapi hal ini sedang membicarakan tentang orang-orang yang tidak sadar akan bahasa tubuhnya.

Pikiran bawah sadar anda mengontrol banyak fungsi yang tidak disadari anda, seperti bernapas, berkeringat, jantung berdebar dll.

Ketika seseorang mencoba untuk berbohong biasanya ia akan mengontrol ekspresi wajah dan nada suaranya tapi pikiran bawah sadar masih akan mengontrol semua sinyal involunter lain seperti bahasa tubuh dan tingkat respirasi.

Sinyal-sinyal bawah sadar adalah orang-orang yang dapat digunakan untuk mendeteksi jika orang tersebut berbohong. Jika kata-kata orang itu konsisten dengan sinyal tidak sadar maka ia mengatakan kebenaran jika tidak, dia berbohong.

Artikel ini bukan tentang trik intuitif atau logis melainkan secara psikologis akan memberitahu anda tentang berbohong metode deteksi yang didasarkan pada konsep-konsep psikologis yang mendalam dan fakta terbukti.

Tanda-tanda bahwa jika Seseorang Berbohong;
Berikut ini adalah tanda-tanda yang harus anda perhatikan ketika mencoba untuk menemukan pembohong:

Bahasa tubuh: Pembohong biasanya menyembunyikan telapak tangan mereka dan tidak duduk lurus saat berbohong. Mereka juga menghindari kontak mata saat menceritakan kebohongan dan mereka mungkin mengambil bahasa tubuh gerakan evaluasi negatif jika mereka merasa buruk sambil berbaring

Isyarat mata: Menurut NLP Arah mata bergerak dalam mencerminkan fungsi yang terjadi di dalam otak pada waktu itu. Misalnya, melihat ke arah sisi kiri atas berarti bahwa anda membangun sebuah gambar dalam pikiran anda sambil melihat sisi kanan atas berarti bahwa anda mengingat gambar. Bagaimana itu bisa digunakan? Nah, berpikir tentang hal ini, jika seseorang melihat ke arah kiri atas ketika ditanya tentang sesuatu maka dia mungkin membangun citra kebohongan dia akan memberitahu. Ini adalah salah satu tanda yang menunjukkan bahwa ia mungkin berbohong.

Inkonsistensi Pada cerita: Jika orang tersebut berbohong maka ceritanya mengatakan mungkin mengubah sedikit setiap kali dibahas. Pembohong akan melupakan kata, tambahkan sesuatu yang sama sekali baru atau menghapus sesuatu yang telah ia disebutkan sebelumnya. Terlepas dari jenis inkonsistensi, yang merupakan tanda yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong.

Merasa cemas: Hampir setiap orang yang berbohong merasa cemas. Intensitas kecemasan ini bervariasi tergantung pada bagaimana profesional pembohong tersebut. Cobalah untuk melihat hal ini dari kecemasan untuk mendeteksi pembohong. Berbicara sebanyak yang anda bisa tentang subjek untuk menlihat lebih jauh dari rasa cemas. Periksa kecemasan bahasa tubuh agar mampu mendeteksi keberadaan kecemasan.

Menghindari Subject: Seseorang yang ingin menyembunyikan sesuatu biasanya akan mencoba untuk menghindari membawa itu dalam percakapan. Cobalah untuk berbicara tentang apa pun yang berhubungan dengan situasi tanpa menangani secara langsung dan melihat apakah orang tersebut mencoba untuk melompat ke topik yang lain.

Kurangnya Ketegasan: Kecuali orang itu adalah agen khusus yang secara profesional terlatih untuk berbohong biasanya ia akan kekurangan ketegasan yang biasa bisa dimulai sambil berbaring. Nada suaranya akan lebih rendah dan ia akan tampak kurang percaya diri.

Berbicara Perlahan: Ketika menceritakan kebohongan pembohong biasanya akan membuat peristiwa ketika ia berbicara. Hal ini biasanya menghasilkan kecepatan berbicara lebih lambat atau menghentikan berkali-kali ketika berbicara dalam rangka untuk menemukan apa yang harus dikatakan.

Catatan Akhir
Sangat penting untuk mengetahui bahwa ada banyak variabel lain yang terlibat dalam proses ini sehingga saya menyarankan agar anda menggunakan metode ini untuk mendukung keputusan dan bukan untuk keputusan tunggal dari orang lain.

Misalnya, jika anda menduga bahwa seseorang sedang berbohong maka anda harus melihat apakah ada tanda-tanda ini hadir. Tentu saja semakin banyak tanda-tanda anda menemukan semakin besar kemungkinan bahwa orang berbohong.

Nah selamat mengetahui kebohongan seseorang dan berhentilah berbohong! Wassalam.
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.