Cara mengatasi kecewa karena cinta

Cara mengatasi kecewa karena cinta
Berdasarkan hasil survey dan pengalaman beberapa orang teman yang pernah mengalaminya termasuk saia sendiri hihihiih.

“Jika seseorang kembali mengingat tentang mengapa dan untuk apa kita diciptakan didunia ini, maka segala beban yang berat akan perlahan-lahan akan pergi dan berganti dengan ketenangan“ (By: Rumput)

Ya sudah langsung saja ladies dan gentlemen yuk mari kita baca step by step trik mengobati kekecewaan karena cinta ;)

1. Anda mesti memahami bahwa cinta datang dan pergi dengan sendirinya, anda tak kan bisa memaksanya untuk datang dan juga anda tak akan bisa memaksanya untuk pergi. Yang butuh anda fahami bahwasannya cinta itu layaknya cermin. Ya cinta hanya sebagai cermin!

Disaat anda mencintai seseorang, sesungguhnya orang yang anda cintai hanya sebagai cermin dimana anda memandang diri anda sendiri. Dan hakikatnya anda anda tidak jatuh cinta pada diri anda sendiri melainkan pada Dia yang maha indah. CahayaNya terpatri dalam jiwa anda dan terpantul pada diri seseorang yang membuat anda tergila-gila. Mengertilah bahwasannya anda jatuh cinta pada yang menciptakan anda sendiri namun anda tidak menyadarinya. ( kesimpulan dari kitab Taman orang-orang jatuh cinta dan memendam rindu karya Syaikhul Islam Ibn Qayyim Al-jauziyah ).

Nah dari hal tersebut maka ketahuilah siapa sesungguhnya yang anda cinta. Ingat! Cermin bisa kotor, kusam bahkan pecah! Namun sesuatu dibalik bayangan cermin tetap akan ada. Ya! Anda jatuh cinta padaNya.

2. Setelah anda memahami point diatas maka bersujudlah. Belum pernah ada seorang pun yang tidak merasakan ketenangan disaat menundukkan wajahnya diatas hamparan sajadah. Bersujud merupakan penyerahan total diri anda terhadap sang maha berkehendak maka biarkanlah dan relakanlah segala macam rasa yang menekan batin anda dan pasrahkan secara menyeluruh padaNya. Insya Allah hati anda segera tenang. Dan bacalah al-qur'an serta mengingat kembali bahwa kehadiran manusia tidak diciptakan untuk dunia melainkan untuk akhirat yang abadi. Maka mintalah padaNya dan keluhkanlah semuanya saat anda menemuiNya.

3. Semakin anda mencari tahu semakin anda merasa kecewa, ungkapan diatas dimaksudkan agar anda tidak mencari-cari tahu tentang apa dan siapa yang membuat anda kecewa. Ada baiknya ada abaikan saja rasa penasaran itu dan berusahalah memalingkan setiap bisikan yang meminta anda untuk mencari tahu hal-hal yang berpotensi membuat anda kecewa.

4. Sibukkan diri anda dengan banyak hal, seperti bekerja atau berkreativitas. Karena salah satu metoda penanganan stress adalah dengan bekerja dan menyibukkan diri. Semakin anda sibuk maka hal itu akan semakin baik karena otak anda bekerja mencari fokus terhadap apa yang sedang apa kerjakan sehingga mengabaikan hal-hal lain yang dianggap bukan prioritas.

5. Jangan sendirian. Berusahalah sekuat mungkin agar anda tidak sendirian, bertemanlah. Jalinlah ikatan persahabatan. Dengan ramainya teman dan sahabat mereka akan membantu mengurangi rasa kesedihan anda. Dalam persahabatan biasanya selalu diisi oleh hal-hal baik seperti sharing hal-hal yang sedang dialami beserta solusi dan juga mencari kegiatan yang menghibur bersama. Bahkan jalinan persahabatan yang sangat erat mampu meluruhkan sebuah ikatan cinta. Karena cinta anda terhadap kekasih bisa dikalahkan oleh cinta yang lebih besar terhadap sahabat, berlatihlah untuk lebih mencintai Tuhan anda, kekasih-kekasihNya, orang tua dan sahabat. Ingat cinta yang kecil akan kalah dengan kekuatan cinta yang lebih besar.

6. Positif thinking. Selalu beranggapan baik terutama padaNya. Hal ini akan sangat membantu anda mengurangi tingkat ketegangan karena kekecewaan. Yakinilah bahwa apa yang sedang anda alami merupakan jalan terbaik yang dipilih olehNya. Karena mungkin Dia tak rela anda kecewa dikemudian hari dengan cara yang lebih menyakitkan. Segera singkirkan perasaan negativ yang merayu anda untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, apalagi hingga berniat untuk bunuh diri. Stop! Hidup anda terlalu berharga jika dibandingkan dengan cinta yang membuat anda kecewa.

7. Jauhi hal-hal yang mengingatkan anda pada sesuatu yang menyakiti anda, hindari lagu-lagu atau film-film atau bahkan buku-buku dan hal-hal lainnya yang berpotensi mengungkit kembali memory yang seharusnya anda lupakan. Ubahlah pola hidup dan ubahlah cara berfikir dan sudut pandang anda berfikir. Tidak bermaksud untuk berubah menjadi orang lain. Namun biasanya ketergantungan terhadap cinta yang menyakitkan akan segera pergi dari jiwa orang yang mengalami perubahan kehidupan. Jangan memaksa diri untuk berubah namun ubahlah secara perlahan-lahan, buatlah kebiasaan baru. Buatlah kehidupan baru anda!

8. Carilah kebahagiaan! Misalnya dengan bersedekah atau membantu orang lain. Saya ingin bertanya pada anda. Apakah anda merasa bahagia saat anda membantu orang lain? Apakah anda merasa bahagia disaat anda memberi uang jajan kepada anak-anak jalanan? Saya yakin jawabannya adalah “Ya anda bahagia“ karena anda sedang merasakan cinta. Itu pertanda anda memiliki hati. Dan orang-orang yang memiliki hati akan selalu bahagia jika melihat orang lain juga bahagia.

9. Ingat bahwa tak ada yang abadi. Ingatlah bahwasannya kita semua kelak akan pulang keharibaanNya. Dan semua akan berakhir tak perduli apapun itu kecuali amal anda. Cinta didunia hanya ujian sementara kehidupan yang kekal menanti anda. Manakah yang akan anda pilih? Sebagai orang yang bijak tentunya anda tahu bahwasannya disana jauh lebih baik dan ada banyak cinta yang menanti anda. Maka bersabarlah, jangan marah apalagi dendam, percayalah bahwa semua akan baik-baik saja. Jangan memotivasi diri dengan percaya bahwa anda tidak bisa hidup tanpa dirinya. Tapi yakini bahwa anda adalah hambaNya, dan anda diciptakan untuk sesuatu tujuan yang teramat berharga. “ sesungguhnya ibadahku, sembelihanku, hidup dan matiku untuk Tuhan semesta alam “ (Doa iftitah). So keep faith. Semangat dan segeralah berubah untuk kehidupan yang lebih baik. Wassalam

Ya begitulah saran dan trik yang saya berikan. Insha Allah bisa membantu anda untuk mengobati rasa kekecewaan anda. Jalani secara perlahan-lahan sesuai cara anda, mudah-mudahan kesedihan akan berlalu dan berganti senyuman. Insha Allah.

Raj 2014

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.